PENERAPAN STRATEGI KNOW-WANT TO KNOW-LEARNED-AFFECT (KWLA) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA CERPEN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BANTUL

Rubino, Ermawati (2015) PENERAPAN STRATEGI KNOW-WANT TO KNOW-LEARNED-AFFECT (KWLA) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA CERPEN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BANTUL. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (796Kb) | Preview

    Abstract

    Ermawati. S841402013. 2015. “Penerapan Strategi Know-Want to Know Learned Affect (KWLA) untuk Meningkatan Keterampilan Membaca Cerpen Siswa Kelas VII I SMP Negeri 1 Bantul.” Tesis (Pembimbing I: Dr. Muhammad Rohmadi, M. Hum, Pembimbing II: Dr. Sumarwati, M.Pd.). Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta. Berdasarkan hasil pengamatan dan wawancara, motivasi dan aktivitas dalam pembelajarann masih belum optimal. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka diterapkan strategi KWLA. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca cerpen melalui strategi know-want to know-learned-affect (KWLA). Subjek penelitian siswa kelas VII I SMP Negeri 1 Bantul. Penelitian tindakan kelas dilakukan tiga siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, tes, dan analisis dokumen. Analisis data menggunakan teknik deskriptif komparatif dan analisis interaktif dengan analisis kritis. Validitas data menggunakan triangulasi sumber data, triangulasi metode, dan review informan. Penerapan prosedur strategi KWLA yang efektif antara lain : 1) siswa membaca nyaring judul cerpen; 2) siswa diberikan lembar kerja kolom KWLA; 3) kegiatan prabaca, siswa dan guru bertanya jawab apa yang diketahui tentang judul cerpen dan menuliskan di kolom know; 4) siswa meyusun pertanyaan 5W+1H sebagai tahap want to know pada prabaca; 5) siswa membaca sekilas; 6) siswa memperbaiki pertanyaan yang telah dibuatnya sebagai tahap want to know pascabaca; 7) perwakilan tiap kelompok untuk menuliskan pertanyaan di papan tulis, kemudian dipilih pertanyaan yang jawabannya lebih kompleks; 8) siswa membaca cerpen kembali dengan intensif dengan berpedoman pada kolom want to know; 9) informasi yang diperoleh siswa setelah kegiatan membaca, dituliskan dalam kolom learned; 10) langkah terakhir, siswa menulis pengaruh cerpen atau amanat yang dapat diambil untuk diri pribadi di kolom the affect. Hasil kualitas proses motivasi siswa dalam pembelajaran: 1) semangat 48% pada pratindakan, 68% di siklus I, 80% pada siklus II, dan 90% pada siklus III; 2) bertanggungjawab 42% pada pratindakan, 55% di siklus I, 58% pada siklus II, dan 70% siklus III; 3) siswa merasa senang dan puas mengerjakan tugas 58% pada pratindakan, 65% di siklus I, 74% siklus II, dan 80% siklus III. Indikator aktivitas siswa dalam pembelajaran meliputi: 1) berperan aktif 54% di pratindakan, 77% di siklus I, 80% di siklus II, dan 87% di siklus III; 2) bertanya kepada siswa lain atau guru 61% di pratindakan, 71% di siklus I, 77%, pada siklus II, dan 87% pada siklus III; dan 3) melaksanakan diskusi 58% pada pratindakan, 65% di siklus I, 83% pada siklus II, dan mencapai 93% pada siklus III. Kualitas proses kinerja guru, kinerja guru optimal 56% pada pratindakan, 81, 25% pada siklus I, 87, 50% pada siklus II, dan optimal 93, 75% pada siklus III. Kualitas hasil keterampilan membaca cerpen pada pratindakan persentase ketuntasan 67, 74% berkategori cukup dengan nilai ratarata kelas 74, 90, pada siklus I persentase ketuntasan 77, 42% berkategori baik dengan nilai rata-rata 77, 42. Di siklus II, persentase ketuntasan 90, 32% berkategori sangat baik dengan nilai rata-rata 81, 10, dan pada siklus III persentase ketuntasan mencapai 96, 77% berkategori sangat baik, dengan nilai rata-rata kelas yang dicapai 86, 06%. Kata kunci: membaca cerpen, strategi KWLA, kualitas proses dan kualitas hasil pembelajaran.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    P Language and Literature > PN Literature (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Bahasa Indonesia - S2
    Depositing User: Ihwan Ali
    Date Deposited: 18 Jan 2016 14:03
    Last Modified: 18 Jan 2016 14:03
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/22845

    Actions (login required)

    View Item