MEDIA DAN GENDER (Analisis Narasi Gender dengan Pendekatan Dekonstruksi Teks dalam Majalah Cosmopolitan Indonesia Edisi Januari - April 2014)

CAHYONO, ERI DWI (2015) MEDIA DAN GENDER (Analisis Narasi Gender dengan Pendekatan Dekonstruksi Teks dalam Majalah Cosmopolitan Indonesia Edisi Januari - April 2014). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (326Kb) | Preview

    Abstract

    Eri Dwi Cahyono. D0210038, Media dan Gender (Analisis Narasi Gender dengan Pendekatan Dekonstruksi Teks dalam Majalah Cosmopolitan Indonesia Edisi Januari-April 2014), Skripsi, Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sebelas Maret Surakarta, 2015. Penelitian ini dilakukan untuk melihat bagaimana majalah Cosmopolitan menarasikan pesan terkait isu gender yang ingin disampaikan kepada pembaca. Majalah Cosmopolitan adalah majalah perempuan di Indonesia yang mengusung banyak isu gender. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan dekonstruksi teks. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan analisis narasi terkait isu gender dalam isi teks media dan menggunakan pendekatan dekonstruksi teks. Analisis narasi melihat bagaimana sebuah teks dinarasikan atau dikisahkan. Pendekatan dekonstruksi yang dipilih menggunakan pendekatan yang dikemukaan oleh David M. Boje. Proses analisis dimulai dengan melakukan proses pembacaan oleh peneliti sebagai instrumen utama dalam penelitian. Proses berikutnya dengan mengelaborasi hasil pembacaan dengan pendekatan dekonstruksi Boje dan menarasikan kembali apa yang ditemukan dalam analisis tersebut. Penelitian ini menemukan beberapa penemuan, antara lain: (1) Binari maskulin dan feminin yang menunjukkan karakter maskulin dan feminin dan karakter-karakter tersebut memungkinkan untuk saling dipertukarkan; (2) Hirarki Gender menunjukkan hirarki dalam karakter maskulin dan feminin; (3) Pemberontakan yang menjadi semangat dalam teks yang diteliti yang digambarkan dengan kecenderungan perempuan; dan (4) Resituasi narasi gender menunjukkan bahwa teks pada akhirnya ingin menggambarkan perempuan secara progresif positif. Kata kunci: narasi, majalah, gender, dekonstruksi.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: Ihwan Ali
    Date Deposited: 18 Jan 2016 10:08
    Last Modified: 18 Jan 2016 10:08
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/22838

    Actions (login required)

    View Item