ANALISIS PENGARUH WORD OF MOUTH(GETHOK TULAR) BERDASARKAN INDIKATOR LAWAN BICARA TERHADAP TINDAKAN SETELAH MELAKUKAN PEMBICARAAN TERSEBUT DI BANK PASAR KLATEN

WULANDARI, MARGARITA RATNA (2010) ANALISIS PENGARUH WORD OF MOUTH(GETHOK TULAR) BERDASARKAN INDIKATOR LAWAN BICARA TERHADAP TINDAKAN SETELAH MELAKUKAN PEMBICARAAN TERSEBUT DI BANK PASAR KLATEN. Other thesis, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

[img] PDF - Published Version
Download (2753Kb)

    Abstract

    Dalam era globalisasi sekarang ini, perubahan-perubahan dibidang sosial, ekonomi, teknologi, politik dan juga persaingan dapat mempengaruhi bentuk dan keadaan pasar. Karena pasar selalu berubah, maka perusahaan juga harus selalu meningkatkan pelayanannya dan perusahaan mengambil inisiatif untuk merubah cara pelayanannya agar dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan di luar perusahaan yang menghendaki perubahan. Menciptakan pasar baru dengan memiliki keunggulan yang unik dari pada pasar lain adalah bentuk perubahan ekonomi yang terlihat jelas di era ini. Misalnya saja pada perusahaan jasa, karena jasa yang diberikan bersifat tidak berwujud (tangibel) maka calon konsumen akan sulit merasakan manfaatnya sebelum mereka mencoba jasa tersebut. Dengan keadaan ini maka perusahaan harus memiliki daya tarik untuk pelanggan mau menggunakan jasa mereka dan menciptakan pengaruh yang besar agar pelanggan tersebut mau melakukan pembelian ulang bahkan merefrensikan jasa perusahaan kepada calon pelanggan lain melalui pelayanan yang diberikan. Bank Pasar merupakan Bank milik pemerintah daerah yang menyelenggarakan kegiatan usaha di bidang perkreditan, Bank 13 pasar memberikan segala kemudahannya untuk membantu meringankan beban usaha pedagang kecil melalui kredit umum, sedangkan untuk para peternakmelalui kredit rojokoyo dan untuk para PNS/Swasta kredit pegawai. Dengan suku bunga yang ringan, prosedur-prosedur yang diajukan mudah dan proses peminjaman cepat mereka dapat mengelola usaha dengan lancar. Selain itu Bank Pasar juga memiliki tujuan seperti halnya Bank lain, dalam kegiatannya Bank Pasar berorientasi pada keuntungan dengan tetap memperhatikan prinsip sosial bagi kepentingan masyarakat umum khususnya masyarakat dengan ekonomi menengah kebawah dan kesejahteraan masyarakat disekitarnya. Hanya saja keuntungan Bank ini tidak terlepas dari jumlah pengguna jasa perkreditan serta kemampuan Bank memberikan pelayanan yang baik, sebab bagian yang terumit dari pelayanan itu sendiri adalah kualitasnya yang sangat dipengaruhi oleh harapan konsumen. Harapan konsumen dapat bervariasi antara konsumen satu dengan konsumen yang lain walaupun pelayanan yang diberikan konsisten (Yamin, 2004:22). Apabila pelayanan yang diberikan baik, diharapkan pelanggan merasa puas dengan jasa yang diberikan. Sehingga pelanggan mau menjadi pengguna jasa yang loyal bagi Bank Pasar. Dalam kaitannya dengan pelayanan yang diberikan, setelah pelangganmerasa puas akan kinerja Bank Pasar maka pelanggan tersebut akan melakukan kegiatan pemasaran yaitu Word of Mouth 14 (Gethok Tular) yang merupakan bagian dari bauran promosi dengan senang hati. Karena tingkat kepuasan yang terbentuk akan menjadikan pelanggan loyal dan selanjutnya akan menciptakan pengalaman positif yang akan mempengaruhi perilaku di masa yang akan datang, termasuk mereferensikannya kepada calon pelanggan lain. Kepuasan pelanggan dapat diartikan bahwa kinerja dari suatu barang atau jasa sekurang-kurangnya adalah sama dengan apa yang diharapkan oleh pelanggan atau melampaui harapan pelanggan (Engel, et al dalam Tjiptono, 1996: 146). Sedangkan Word of Mouth(Gethok Tular) itu sendiri sebagai topik penting yang akan di bahas dalam penelitian ini dapat diartikan sebagai usaha pemasaran yang mempengaruhi pelanggan untuk mau membicarakan, mempromosikan, merekomendasikan dan menjual suatu produk/ jasa/ merek kepada calon pelanggan lain. Tujuan akhir dari kegiatan pemasaran ini adalah seorang pelanggan tidak hanya mampu membicarakan dan mempromosikan produk yang ia gunakan tetapi juga mampu menjual secara langsung kepada calon pelanggan lainnya. Untuk itu, hal terpenting dalam kaitannya perusahaan mempengaruhi pelanggan untuk melakukan Word of Mouth(Gethok Tular)adalah bagaimana jasa Bank Pasar ini bisa menciptakan kepuasan bagi pelanggan yang menggunakannya untuk pertama kali. 15 Berdasarkan uraian tersebut, penulis bermaksud melakukan kajian dengan judul: “ANALISIS PENGARUH WORD OF MOUTH (GETHOK TULAR) BERDASARKAN INDIKATOR LAWAN BICARA TERHADAP TINDAKAN SETELAH MELAKUKAN PEMBICARAANTERSEBUTDI BANK PASAR KLATEN”.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi > D3 - Manajemen Pemasaran
    Depositing User: Users 849 not found.
    Date Deposited: 12 Jul 2013 00:26
    Last Modified: 12 Jul 2013 00:26
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/2282

    Actions (login required)

    View Item