KORELASI ALOKASI WAKTU KEGIATAN MAHASISWA DI KAMPUS DAN KEBUTUHAN RUANG PARKIR SEPEDA MOTOR DENGAN METODE ANALISIS REGRESI (STUDI KASUS: FAKULTAS TEKNIK UNS)

ASNGAD, ACHMAD BAGUS (2016) KORELASI ALOKASI WAKTU KEGIATAN MAHASISWA DI KAMPUS DAN KEBUTUHAN RUANG PARKIR SEPEDA MOTOR DENGAN METODE ANALISIS REGRESI (STUDI KASUS: FAKULTAS TEKNIK UNS). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF
Download (0b)

    Abstract

    Achmad Bagus Asngad, 2015, Korelasi Alokasi Waktu Kegiatan Mahasiswa di Kampus dan Kebutuhan Ruang Parkir Sepeda Motor dengan Metode Analisis Regresi (Studi Kasus: Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret Surakarta). Kemajuan peradaban manusia mendorong manusia untuk menggunakan kendaraan pribadi dalam memenuhi kebutuhan hidup secara efisien, salah satunya penggunaan sepeda motor untuk kuliah seperti yang terjadi di Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS). Mahasiswa memarkir sepeda motor selama melakukan kegiatan di kampus, sehingga mempengaruhi kebutuhan ruang kampus. Penelitian ini diadakan untuk mengetahui hubungan alokasi waktu kegiatan mahasiswa di kampus yang berupa kegiatan kuliah, kegiatan selama jeda antar jam kuliah, kegiatan organisasi, mengerjakan tugas di kampus, dan kegiatan lain-lain dengan kebutuhan ruang parkir, serta memberikan rekomendasi terhadap kebutuhan ruang parkir ditinjau dari penggunaan waktu mahasiswa di kampus. Studi kasus penelitian adalah Fakultas Teknik UNS. Data primer terdiri dari dua macam data, yaitu data alokasi waktu berdasarkan kegiatan mahasiswa yang didapatkan dari data kuesioner dan data parkir berdasarkan survei parkir. Data diolah dengan analisis regresi menggunakan program software SPSS 16. Kegiatan mahasiswa selama di kampus berperan sebagai variabel bebas yaitu durasi kegiatan perkuliahan (X1), durasi tunggu antar jam perkuliahan (X2), durasi kegiatan organisasi (X3), durasi mengerjakan tugas di kampus (X4), durasi kegiatan lain-lain (X5). Durasi parkir mahasiswa diolah menjadi nilai parkir turn over masing-masing mahasiswa yang kemudian berperan sebagai variabel terikat (Y). Data sekunder berupa data parkir ICT (Information and Communication Technology) dan jadwal perkuliahan dari masing-masing jurusan dan angkatan di Fakultas Teknik UNS. Hasil analisis menunjukkan persaman hubungan penggunaan waktu kegiatan mahasiswa di kampus dengan kebutuhan ruang parkir adalah Y = 4,954 – 0,009X1 – 0,011X2 – 0,009X3 – 0,009X4, dengan R2 = 0,799. Melalui persamaan tersebut dapat diketahui penghematan kebutuhan ruang parkir dapat mencapai 63% jika mahasiswa tidak menggunakan waktu tunggu antar jam kuliah. Oleh karena itu direkomendasikan untuk mengurangi kebutuhan ruang parkir dengan mengurangi durasi jeda antarjam perkuliahan. Kata kunci: sepeda motor, kegiatan mahasiswa, kebutuhan parkir, analisis regresi.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
    Divisions: Pasca Sarjana > Doktor > Ilmu Lingkungan S3
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 15 Jan 2016 16:54
    Last Modified: 15 Jan 2016 16:54
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/22819

    Actions (login required)

    View Item