PERAN PT. BANK RAKYAT INDONESIA DALAM PERKEMBANGAN USAHA MIKRO DAN KECIL (UMK) DI KECAMATAN GONDANGREJO KABUPATEN KARANGANYAR MELALUI PRODUK KUPEDES (STUDI KASUS : NASABAH BRI UNIT GONDANGREJO)

SETIAWAN, DANUNG DWI (2016) PERAN PT. BANK RAKYAT INDONESIA DALAM PERKEMBANGAN USAHA MIKRO DAN KECIL (UMK) DI KECAMATAN GONDANGREJO KABUPATEN KARANGANYAR MELALUI PRODUK KUPEDES (STUDI KASUS : NASABAH BRI UNIT GONDANGREJO). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (334Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAKSI PERAN PT. BANK RAKYAT INDONESIA DALAM PERKEMBANGAN USAHA MIKRO DAN KECIL (UMK) DI KECAMATAN GONDANGREJO KABUPATEN KARANGANYAR MELALUI PRODUK KUPEDES (STUDI KASUS : NASABAH BRI UNIT GONDANGREJO) Danung Dwi Setiawan F1113013 Usaha Mikro Kecil (UMK) merupakan sektor yang dianggap potensial dalam menunjang pertumbuhan ekonomi yang digunakan sebagai pembangunan ekonomi jangka panjang yang stabil dan berkesinambungan. Pada saat ini pengembangan UMK masih dilanda berbagai hambatan dan tantangan, terutama dari aspek permodalan. Bank BRI Unit Gondangrejo adalah salah satu kantor unit yang dimiliki oleh Bank BRI. Bank yang sudah tidak diragukan lagi dalam penyaluran kredit mikro ini memiliki produk unggulan yaitu Kupedes. Dalam kurun waktu 5 tahun terakhir jumlah kredit yang telah disalurkan oleh Bank BRI Unit Gondangrejo terus mengalami peningkatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan Usaha Mikro dan Kecil dengan membandingkan kondisi modal, produksi, omzet dan keuntungan antara sebelum mendapatkan kredit dan setelah menerima kredit dari Bank BRI Unit Gondangrejo. Alat uji statistik yang digunakan adalah dengan metode Uji Pangkat Tanda Wilcoxon, dan menggunakan sampel 86 responden nasabah Bank BRI Unit Gondangrejo. Hasil penelitian ini tedapat peningkatan rata-rata jumlah modal usaha sesudah mendapatkan Kupedes sebesar 110,95%, dan hasil perhitungan Uji Pangkat Tanda Wilcoxon nilai probabilitas adalah 0,000 (< 0,05). Rata - rata jumlah produksi mengalami peningkatan sebesar 70,89% dan hasil Uji Pangkat Tanda Wilcoxon nilai probabilitasnya adalah 0,000 (< 0,05). Setelah mendapatkan kredit Kupedes, omzet yang diterima oleh para responden meningkat sekitar 61,42%, nilai probabilitas yang dihasilkan dari Uji Pangkat Tanda Wilcoxon adalah 0,000 (< 0,05). Kondisi keuntungan yang diterima para responden setelah mendapatkan kredit Kupedes meningkat sebesar 67,42%, dan hasil perhitungan Uji Pangkat Tanda Wilcoxon nilai probabilitas adalah 0,000 (< 0,05). Kesimpulan yang diperoleh yaitu terdapat perbedaan yang signifikan dari variabel modal, produk, omzet dan keuntungan para pelaku Usaha Mikro Kecil antara sebelum dan sesudah mendapatkan Kredit Kupedes, dan perbedaan tersebut lebih kearah perkembangan yang positif. Kata Kunci : Perkembangan Usaha Mikro dan Kecil (UMK), Bank BRI, Kredit Kupedes, dan Uji Pangkat Tanda Wilcoxon

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 14 Jan 2016 19:19
    Last Modified: 14 Jan 2016 19:19
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/22815

    Actions (login required)

    View Item