Pusat Layanan Anak Usia Dini Terpadu sebagai Tempat Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi di Surakarta dengan Pendekatan Psikologi Arsitektur

PUTRI, DEVI RUSDIANA (2016) Pusat Layanan Anak Usia Dini Terpadu sebagai Tempat Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi di Surakarta dengan Pendekatan Psikologi Arsitektur. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (160Kb) | Preview

    Abstract

    Perencanaan dan perancangan Pusat Layanan Anak Usia Dini di Surakarta sebagai tempat penyelenggaran pendidikan inklusi dilatar belakangi oleh pentingnya mengembangkan potensi anak sejak usia dini. Namun sayangnya, hal tersebut tidak didukung dengan ketersediaan fasilitas pendidikan pada jenjang dini, terutama yang mampu melayani anak normal dan berkebutuhan khusus (ABK). Metode inklusi dipilih sebagai metode belajar yang paling tepat untuk menyelenggarakan kegiatan pembelajaran bagi peserta didik yang berbeda. Persoalan desain adalah: bagaimana elemen pada bangunan mampu menyelenggarakan sistem pendidikan inklusi dengan mewadahi kebutuhan pelaku utama yang berbeda, yaitu anak berkebutuhan khusus dan anak normal. Metode yang digunakan yaitu dengan menggabungkan elemen-elemen Psikologi Arsitektur, kaidah penyelenggaraan pendidikan inklusi dan standar pelaksanaan pendidikan usia dini yang diatur oleh Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini. Hasil yang diperoleh yaitu desain pusat layanan anak usia dini yang menyelenggarakan pendidikan inklusi sesuai dengan standar pelaksanaan dan menerapkan konsep Psikologi Arsitektur pada aspek perancangan pola kegiatan, tata ruang, ekspresi ruang, tata massa serta elemen lansekap. Kata Kunci : Anak Berkebutuhan Khusus, Anak Usia Dini, Inklusi, Interaksi, Psikologi Arsitektur.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > Arsitektur
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 14 Jan 2016 19:03
    Last Modified: 14 Jan 2016 19:03
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/22812

    Actions (login required)

    View Item