Perancangan Alat Bantu Untuk Memperbaiki Postur Kerja Pada Aktivitas Pemelituran Dalam Proses Finishing (Studi Kasus: Home Industry Waluyo Jati)

WIDODO, ARGADIA TEGUH (2016) Perancangan Alat Bantu Untuk Memperbaiki Postur Kerja Pada Aktivitas Pemelituran Dalam Proses Finishing (Studi Kasus: Home Industry Waluyo Jati). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (47Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Argadia Teguh Widodo, NIM: I 0311010. PERANCANGAN ALAT BANTU UNTUK MEMPERBAIKI POSTUR KERJA PADA AKTIVITAS PEMELITURAN DALAM PROSES FINISHING (STUDI KASUS: HOME INDUSTRY WALUYO JATI), Skripsi. Surakarta : Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik, Universitas Sebelas Maret, Oktober 2015. Sikap kerja tidak alamiah sering dilakukan dalam suatu proses kerja. Beberapa dari sikap kerja tidak alamiah yang sering dilakukan adalah membungkuk dan jongkok. Seperti pada proses kerja finishing pemelituran, pekerja harus melakukan sikap kerja membungkuk dan jongkok untuk dapat meyelesaikan proses kerjanya. Sebagaimana diketahui postur kerja membungkuk dan jongkok merupakan cara kerja yang tidak baik secara kaidah ergonomi, apalagi dilakukan secara berulang dan dalam jangka waktu yang lama. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar level resiko yang ditimbulkan oleh proses kerja finishing pemelituran serta memberikan usulan perbaikan terhadapnya. Nordic Body Map digunakan untuk mengidentifikasi ketidaknyamanan dan keluhan yang dirasakan oleh pekerja. Analisis menggunakan metode REBA dipilih untuk memberikan analisis postural penilaian observasional secara keseluruhan. Penilaian terhadap postur kerja menunjukkan level resiko yang tinggi terhadap proses kerja dengan skoring REBA 9 hingga 10 dan level tindakan 3 yang berarti bahwa perlu dilakukan perbaikan segera. Perbaikan diberikan dengan merancang suatu alat bantu untuk dapat memperbaiki postur kerja pada proses kerja finishing pemelituran. Penerapan alat bantu pada proses kerja finishing pemelituran memberikan perbaikan yang ditunjukkan dengan penurunan level resiko menjadi skoring REBA 2 hingga 3 yang berarti level resikonya menjadi rendah. Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa alat tersebut dapat digunakan sebagai solusi alternatif untuk mengurangi resiko kerja dari proses finishing pemelituran. Kata Kunci : ketidaknyamanan, Nordic Body Map, proses finishing pemelituran, REBA, sikap kerja tidak alamiah xvii + 112 halaman; 80 gambar; 22 tabel; 3 lampiran Daftar pustaka : 19 (1972-2014)

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > T Technology (General)
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > Teknik Industri
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 14 Jan 2016 18:17
    Last Modified: 14 Jan 2016 18:17
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/22806

    Actions (login required)

    View Item