PRIORITAS PEMELIHARAAN BANGUNAN GEDUNG-GEDUNG PUSKESMAS DENGAN BAHASA PEMROGRAMAN BERBASIS METODE ANALITYCAL HIERARCHY PROCESS (STUDI KASUS GEDUNG-GEDUNG PUSKESMAS KABUPATEN SUKOHARJO)

CAHYARINI, VINA PUTRI (2016) PRIORITAS PEMELIHARAAN BANGUNAN GEDUNG-GEDUNG PUSKESMAS DENGAN BAHASA PEMROGRAMAN BERBASIS METODE ANALITYCAL HIERARCHY PROCESS (STUDI KASUS GEDUNG-GEDUNG PUSKESMAS KABUPATEN SUKOHARJO). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (585Kb) | Preview

    Abstract

    Vina Putri C, 2015. Prioritas Pemeliharaan Bangunan Gedung Puskesmas dengan Bahasa Pemrograman Berbasis metode Analitycal Hierarchy Process (Studi Kasus Gedung Puskesmas Kabupaten Sukoharjo). Skripsi Program Studi Teknik Sipil Universitas Sebelas Maret Surakarta. Bangunan Puskesmas adalah salah satu infrastruktur milik pemerintah yang memberikan pelayanan kesehatan masyarakat. Infrastruktur Bangunan adalah salah satu pendukung dalam terjadinya kegiatan untuk mencapai fungsi pelayanan kesehatan. Dengan demikian pemeliharaan bangunan perperan dalam mewujudkan pelayanan kesehatan yang baik. Penelitian ditujukan untuk mengetahui kondisi bangunan dari urutan prioritas bangunan untuk digunakan sebagai acuan tindakan pemeliharaan. Penelitian menggunakan dua jenis data, yakni data primer dan data sekunder. Data primer adalah data pokok untuk menganalisa prioritas pemeliharaan bangunan. Data primer diperoleh dari kuesioner yang disebarkan kepada responden ahli dan nilai prosentase assessment kerusakan bangunan secara fisik dengan survey. Data sekunder adalah data pendukung seperti lokasi bangunan dan peraturan yang berlaku. Data sekunder diperoleh dari literature dan tanya jawab. Data kuesioner diolah menggunakan metode Analytical Hierachi Process (AHP) untuk menentukan bobot komponen. Penurunan nilai pada komponen/elemen yang ditunjukan dari prosentase volume kerusakan mendapatkan nilai pengurang. Hasil urutan prioritas diperoleh dari Indeks Kondisi Bangunan (IKB) yaitu dengan mengalikan bobot komponen dengan hasil indeks komponen yang diperoleh dari nilai sempurna (100) dikurangi dengan nilai pengurang yang dikalikan faktor koreksi. Untuk mempermudah analisis dilakukan pengembangan program bantu menggunakan visual basic dan GIS. Bangunan gedung puskesmas di Kabupaten Sukoharjo dalam kondisi baik. Hal ini ditunjukan dengan kerusakan kecil yang terlihat belum mempengaruhi fungsi bangunan dan nilai IKB terkecil terdapat pada Puskesmas Bulu (IKB : 89.246). Kata kunci : pemeliharaan, visual basic, kerusakan bangunan, puskesmas, ahp

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > Teknik Sipil
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 14 Jan 2016 17:56
    Last Modified: 14 Jan 2016 17:56
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/22804

    Actions (login required)

    View Item