STUDI TENTANG PENUNDAAN EKSEKUSI DENGAN ALASAN PERMOHONAN PENGAJUAN PENINJAUAN KEMBALI DALAM PERKARA PERDATA (STUDI DI PENGADILAN NEGERI SURAKARTA)

SHOFIAH, SITI (2016) STUDI TENTANG PENUNDAAN EKSEKUSI DENGAN ALASAN PERMOHONAN PENGAJUAN PENINJAUAN KEMBALI DALAM PERKARA PERDATA (STUDI DI PENGADILAN NEGERI SURAKARTA). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (847Kb) | Preview

    Abstract

    SITI SHOFIAH. E0011301. STUDI TENTANG PENUNDAAN EKSEKUSI DENGAN ALASAN PERMOHONAN PENGAJUAN PENINJAUAN KEMBALI DALAM PERKARA PERDATA (STUDI DI PENGADILAN NEGERI SURAKARTA) Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penulisan Hukum (Skripsi).2015. Penulisan ini bertujuan untuk mengetahuimengenaipenundaaneksekusidenganalasanpermohonanPeninjauanKembalidalamperkaraperdata di PengadilanNegeri Surakarta. Penelitian initermasukjenispenelitianhukumempirisbersifatdeskriptifdenganmenggunakanpendekatankualitatif. Sumber data berasaldarisumber data primer dansumber data sekunder, sumber data primer yaituhasilwawancaradenganHakim Pengadilan Negeri Surakarta yang ditunjuk oleh Ketua Pengadilan Negeri yaitu Mion Ginting, S.H,sumber data sekunder meliputi: berkas perkara Nomor: 30/Pdt.G/2009/PN.Ska, Nomor: 347/Pdt/2009/PT.Smg, Nomor: 1274 K/Pdt/2010, buku, dokumen, literatur, peraturan perundang-undangandan sumber tertulis lainnya yang sesuai dengan masalah yang diteliti. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dihasilkan simpulan yakniPermohonan Peninjauan Kembali pada prinsipnya tidak dapat menangguhkan eksekusi, akan tetapi dalam kasusyang telah diteliti oleh penulis dapat menangguhkan eksekusi atau permohonan Peninjauan Kembali yang termasuk dapat menunda eksekusi yaitu perkara yang telah diajukan oleh Penggugat sampai adanya putusan yang telah berkekuatan hukum tetap. Akan tetapi, Ketua Pengadilan Negeri Surakarta tidak menjalankan isi putusan tersebut dengan alasan adanya permohonan penundaan eksekusi oleh TergugatdanTergugatjugamengajukanpermohonanPeninjauanKembali. Dengandemikian, Ketua Pengadilan Negeri Surakarta menunda eksekusi dengan alasan permohonan Peninjuan Kembali. Pertimbangan Ketua Pengadilan Negeri Surakarta yaitu adanya novum yang dijadikan alasan untuk mengajukan permohonan Peninjauan Kembali.Akibat hukum yang timbul, yaitu akibat bagi para pihak dan akibat yuridis. Akibat bagi para pihak, yang pertama akibat bagi Tergugat yaitu jika eksekusi ditunda sedangkan objek sengketa masih dikuasai Tergugat maka objek sengketa tersebut tidak bisa dijadikan objek sengketa dalam perkara lain. Kemudian, akibat bagi Penggugat yaitu Penggugat yang dinyatakan sebagai pemilik sah sebagian objek sengketa tidak bisa memiliki dan menikmati haknya terhadap objek sengketa tersebut. Akibat yuridisnya yaitu terhadap pengawasan objek sengketa selama masih dikuasai bahwa bilamana Pengadilan Negeri meletakkan sita jaminan, maka pengawasannya terikat di dalam sita jaminan tersebut dan sita jaminan tersebut diserahkan atau didaftarkan di kantor Pertanahan kalau bersertifikat dan di kantor Kelurahan kalau belum bersertifikat. Kata Kunci:PenundaanEksekusi, PeninjauanKembali.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Hukum
    Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 14 Jan 2016 17:12
    Last Modified: 14 Jan 2016 17:12
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/22801

    Actions (login required)

    View Item