PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PETA KONSEP PADA MATERI GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK KELAS XI SMAN 1 DOLOPO KABUPATEN MADIUN JAWA TIMUR

Hardanti, Eka Karunia (2015) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PETA KONSEP PADA MATERI GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK KELAS XI SMAN 1 DOLOPO KABUPATEN MADIUN JAWA TIMUR. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1230Kb) | Preview

    Abstract

    Eka Karunia Hardanti. 2014. Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Peta Konsep Pada Pokok Bahasan Gelombang Elektromagnetik Untuk SMA Kelas XI SMAN 1 Dolopo Kabupaten Madiun Jawa Timur. TESIS. Pembimbing I: Dr. Sarwanto, M.Si., II: Prof. Drs. Cari, M.A., M.Sc., Ph.D. Program Studi Pendidikan Sains, Program Studi Magister Pendidikan Sains, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret, Surakarta. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) bentuk pengembangan modul pembelajaran fisika berbasis peta konsep; (2) peningkatan hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran modul berbasis peta konsep. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development mengacu model 4D (Define, Design, Develop, and Disseminate) dikemukakan Thiagarajan. Pengembangan modul berbasis peta konsep dinilai berdasarkan kelayakan materi dan media oleh 2 dosen pakar, 2 guru, dan 2 peer review. Data hasil belajar kognitif siswa dianalisis melalui uji Wilcoxon untuk dua kelompok dependent berpasangan menggunakan software SPSS Versi 18. Pelaksanaan penelitian pengembangan memberikan kesimpulan: (1) Pengembangan modul pembelajaran fisika berbasis peta konsep pada materi gelombang elektromagnetik menghasilkan produk pengembangan yang layak digunakan. Bentuk produk berupa modul yang berbasis peta konsep yang memuat tentang proposisi, hierarki, kaitan silang, dan contoh. (2) Pencapaian hasil belajar siswa dengan menggunakan modul berbasis peta konsep pada materi gelombang elektromagnetik mengalami peningkatan. Kata Kunci: Penelitian Pengembangan, Modul, Peta Konsep, Hasil Belajar.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Q Science > QC Physics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sains
    Depositing User: Ihwan Ali
    Date Deposited: 14 Jan 2016 15:01
    Last Modified: 14 Jan 2016 15:01
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/22792

    Actions (login required)

    View Item