IMPLEMENTASI MODEL BIMBINGAN PRIBADI MENGGUNAKAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA UNTUK MENINGKATKAN AKTUALISASI DIRI PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

FITRIANA, EKA (2015) IMPLEMENTASI MODEL BIMBINGAN PRIBADI MENGGUNAKAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA UNTUK MENINGKATKAN AKTUALISASI DIRI PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (663Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan produk berupa panduan bimbingan pribadi menggunakan ekstrakurikuler pramuka bagi peserta didik dan guru bimbingan dan konseling yang valid berdasarkan ahli dan layak berdasarkan praktisi serta menguji keefektifan implementasi model bimbingan pribadi menggunakan ekstrakurikuler pramuka dalam meningkatkan aktualisasi diri peserta didik kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Pengujian keefektifan produk menggunakan desain eksperimen One Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 2 Matesih sejumlah 20 orang. Penelitian ini menghasilkan produk berupa panduan bimbingan pribadi menggunakan ekstrakurikuler pramuka bagi peserta didik (Produk I) dan bagi guru pembimbing (Produk II) yang telah diuji validitas oleh ahli dan diuji kelayakan oleh praktisi serta telah diuji keefektifannya kepada peserta didik. Hasil uji validitas ahli menyatakan bahwa produk I memiliki prosentase validitas sebesar 88,6% sehingga produk I dapat dinyatakan sangat valid atau dapat digunakan tanpa revisi, sedangkan produk II memiliki prosentase 79,5% sehingga produk II dapat dinyatakan cukup valid atau dapat digunakan dengan revisi kecil. Hasil uji praktisi menyatakan bahwa produk I memiliki prosentase kelayakan sebesar 86,7% dengan kategori sangat layak atau dapat digunakan tanpa revisi dan produk II memiliki prosentase 88,05% dengan kategori sangat layak atau dapat digunakan tanpa revisi sehingga produk I dan produk II memiliki tingkat keterterimaan sangat baik dan dapat diterapkan di lapangan. Uji keefektifan produk dilakukan dalam lapangan terbatas kepada 20 subjek penelitian. Hasil uji keefektifan menunjukkan adanya peningkatan nilai aktualisasi diri peserta didik setelah dilakukan implementasi model bimbingan pribadi menggunakan ekstrakurikuler pramuka. Kata kunci : bimbingan pribadi, ekstrakurikuler pramuka, aktualisasi diri

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
    L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bimbingan Konseling
    Depositing User: Ihwan Ali
    Date Deposited: 14 Jan 2016 15:01
    Last Modified: 14 Jan 2016 15:01
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/22791

    Actions (login required)

    View Item