PENGARUH PEMBELAJARAN EKONOMI DENGAN MODEL PENCAPAIAN KONSEP TERHADAP PRESTASI BELAJAR DITINJAU DARI KREATIVITAS BELAJAR SISWA KELAS X SMAN 3 SRAGEN TAHUN AJARAN 2012/2013

WIBAWA, RAMADHAN PRASETYA (2013) PENGARUH PEMBELAJARAN EKONOMI DENGAN MODEL PENCAPAIAN KONSEP TERHADAP PRESTASI BELAJAR DITINJAU DARI KREATIVITAS BELAJAR SISWA KELAS X SMAN 3 SRAGEN TAHUN AJARAN 2012/2013. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (145Kb) | Preview

    Abstract

    Ramadhan Prasetya Wibawa (S991108014). 2013. Pengaruh Pembelajaran Ekonomi dengan Model Pencapaian Konsep terhadap Prestasi Belajar Ditinjau dari Kreativitas Belajar Siswa Kelas X SMAN 3 Sragen Tahun Ajaran 2012/2013. TESIS. Pembimbing I: Prof. Dr. Sigit Santoso, M. Pd, Pembimbing II: Dr. Bandi, SE., M. Si., Ak. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Program Pasca Sarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pencapaian konsep terhadap prestasi belajar ekonomi siswa, (2) untuk mengetahui pengaruh kreativitas belajar siswa terhadap prestasi belajar ekonomi siswa (3) untuk mengetahui interaksi pengaruh model pencapaian konsep dengan kreativitas belajar siswa terhadap prestasi belajar ekonomi siswa. Penelitian ini termasuk eksperimental semu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 3 Sragen tahun ajaran 2012/2013 yang terdiri dari sembilan kelas. Jumlah keseluruhan populasi dalam penelitian ini adalah 279 siswa. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI kelas ini digunakan sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pencapaian konsep dan kelas XE yang digunakan sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, tes dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan yang dilanjutkan dengan uji t. Uji pra syarat dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas dengan Uji Kolmogorov-Smirnov Z dan uji Homogenitas dengan uji Lavene. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa: (1) penggunaan model pencapaian konsep berpengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi siswa, (2) kreativitas belajar siswa berpengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi siswa, (3) interaksi model pembelajaran dengan kreativitas belajar siswa berpengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi siswa. Kata kunci: Kreativitas Belajar, Prestasi Belajar, Pencapaian Konsep

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Ihwan Ali
    Date Deposited: 14 Jan 2016 13:22
    Last Modified: 14 Jan 2016 13:22
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/22785

    Actions (login required)

    View Item