PROSES KERJA HUMAS DALAM MENGHADAPI PEAK SEASON (Studi Mengenai Proses Kerja Humas PT. Angkasa Pura I Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta dalam Menghadapi Peak Season Tahun 2013)

Nabila, Raisa (2014) PROSES KERJA HUMAS DALAM MENGHADAPI PEAK SEASON (Studi Mengenai Proses Kerja Humas PT. Angkasa Pura I Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta dalam Menghadapi Peak Season Tahun 2013). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (107Kb) | Preview

    Abstract

    Masalah-masalah terkait pelayanan dan fasilitas dapat muncul saat peak season di Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta. Musim dimana lonjakan penumpang dapat mencapai jumlah yang paling tinggi ini berakibat pada kurang maksimalnya pelayanan terhadap penumpang (customer) sehingga menyebabkan munculnya opini negatif dari masyarakat. Humas sebagai unit perusahaan yang menangani masalah komunikasi harus membuat program atau kegiatan yang sebelumnya telah melalui tahapan-tahapan dalam memaksimalkan pelayanannya sehingga dapat mengubah opini negatif dari customer tersebut. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana proses kerja humas PT. Angkasa Pura I Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta dalam menghadapi peak season. Penelitian ini bersifat deskriptif-kualitatif. Untuk menganalisa proses kerja Humas tersebut, penulis menggunakan metode analisis data model Miles and Huberman. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menjamin keabsahan data penelitian ini menggunakan teknik triangulasi dengan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses kerja Humas PT. Angkasa Pura I Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta dalam menghadapi peak season tahun 2013 meliputi empat tahapan yaitu pengumpulan data (fact-finding), Humas mengumpulkan data mengenai jumlah penumpang, pergerakan pesawat, prediksi tentang kenaikan jumlah penumpang serta fasilitas, selain itu Humas juga memantau bagaimana perilaku dan situasi publik dengan memonitoring surat kabar dan melakukan interaksi dengan masyarakat melalui media radio. Kedua, dalam tahap perencanaan (planning), Humas membuat rencana kegiatan dan program yang akan dilakukan selama peak season antara lain posko lebaran, posko natal dan tahun baru, takjil gratis selama bulan ramadhan, penambahan fasilitas serta pemberian ijin untuk ekstra flight. Dalam dua tahap tersebut Humas berkoordinasi dengan unit Airport Services dan unit Airport Facilities and Readiness. Ketiga, dalam tahap melakukan tindakan dan komunikasi (Taking Action and communication), Humas melaksanakan program dan kegiatan yang telah disusun, media yang digunakan untuk mempublikasikan program dan kegiatan tersebut adalah media cetak (surat kabar), radio, televisi, new media (website dan e-mail) dan konferensi pers. Keempat, dalam tahap evaluasi (evaluation), Humas melakukan evaluasi secara internal yaitu melalui rapat dan evaluasi dari eksternal yang berupa kritik atau saran dari masyarakat melalui Complain Handling System (CHS), kendala yang ditemui adalah kurang memadainya fasilitas, sisi operasional saat ada ekstra flight, serta tetap terjaminnya kenyamanan penumpang (customer).

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: Ihwan Ali
    Date Deposited: 14 Jan 2016 13:22
    Last Modified: 14 Jan 2016 13:22
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/22782

    Actions (login required)

    View Item