KATEGORI BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SURAKARTA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI POKOK HIMPUNAN

Masruroh, Rahmawati (2014) KATEGORI BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SURAKARTA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI POKOK HIMPUNAN. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (3343Kb) | Preview

    Abstract

    Rahmawati Masruroh. NIM S851208053. Kategori Berpikir Kreatif Siswa kelas VII SMP Negeri 1 Surakarta dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Pada Materi Pokok Himpunan. Komisi Pembimbing I: Dr. Imam Sujadi, M.Si. Pembimbing II: Dr. Dewi Retno Sari, S.Si, M.Kom. Tesis: Prodi Studi Pendidikan Matematika, Program . Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta. 2014 ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mendeskripsikan berpikir kreatif untuk kategori fluency siswa kelas VII SMP yang mempunyai kemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah dalam menyelesaikan masalah matematika materi himpunan, (2) Untuk mendeskripsikan berpikir kreatif untuk kategori flexibility siswa kelas VII SMP yang mempunyai kemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah dalam menyelesaikan masalah matematika materi himpunan, (3) Untuk mendeskripsikan berpikir kreatif untuk kategori novelty siswa kelas VII SMP yang mempunyai kemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah dalam menyelesaikan masalah matematika materi himpunan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif berjenis studi kasus. Subjek penelitian yang diambil adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Surakarta. Subjek penelitian berjumlah 9 siswa yang terdiri dari 3 siswa kemampuan tinggi, 3 siswa kemampuan sedang, dan 3 siswa kemampuan rendah. Data penelitian berwujud data tertulis dan data lisan. Data tertulis diperoleh dari hasil pengerjaan subjek penelitian terhadap instrumen tes tertulis. Data lisan diperoleh dari think aloud menthoud yang dilakukan peneliti terhadap subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kategori fluency (1) Pada siswa yang mempunyai kemampuan matematika tinggi melakukan aktifitas yaitu; Siswa menuliskan apa yang diketahui yaitu semua himpunan yang ada dalam soal dengan tepat; siswa menuliskan himpunan dan anggotanya dengan penulisan yang tepat; Siswa tidak menunjukan kebingungan dalam memahami himpunan yang ada dalam soal; Siswa tidak menunjukan kebingungan dalam menjelaskan apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan pada peneliti; Siswa menjelaskan apa yang dimaksud dalam soal dengan kata-katnya sendiri; Siswa menjelaskan apa yang dimaksud dalam soal dengan kata-kata yang tersetruktur. (2) pada siswa yang mempunyai kemampuan matematika sedang mempunyai aktifitas yaitu; Siswa menuliskan apa yang diketahui yaitu semua himpunan yang ada dalam soal dengan tepat; Siswa menuliskan himpunan dan anggotanya dengan penulisan yang tepat; Siswa tidak menunjukan kebingungan dalam menjelaskan apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan; Siswa menjelaskan apa yang dimaksud dalam soal dengan kata-katnya sendiri; siswa menjelaskan apa yang dimaksud dalam soal dengan kata-kata yang tersetruktur.(3) pada siswa yang mempunyai kemampuan matematika rendah melakukan aktifitas yaitu; Siswa menuliskan apa yang diketahui yaitu semua himpunan yang ada dalam soal dengan tepat; Siswa menuliskan himpunan dan anggotanya dengan penulisan yang tepat; Siswa tidak menunjukan kebingungan dalam memahami himpunan yang terdapat dalam soal; Siswa menjelaskan maksud soal cendrung mengunakan kata-kata yang ada dalam soal. Pada kategori flexibility (1) siswa yang mempunyai kemampuan matematika tinggi melakukan aktifitas yaitu; Siswa mendata anggota himpunan yang akan dibentuk; Siswa mencoba-coba nama himpunan yang akan dibentuk; Siswa membentuk nama himpunan yang disesuaikan dengan anggota himpunan; Siswa membentuk himpunan yang berbeda-beda. (2) pada siswa yang mempunyai kemampuan matematika sedang melakukan aktifitas yaitu; Siswa mendata semesta dari himpunan yang ada; Siswa membuat himpunan bilangan yang lain; Siswa membentuk satu himpunan yang berbeda; Siswa menentukan nama himpunan yang akan dibentuk; Siswa menuliskan anggota himpunannya. (3) paada siswa yang mempunyai aktifitas rendah melakukan aktifitas yaitu; Siswa membaca berulang-ulang; Siswa mengunakan pengetahuannya untuk menentukan jenis bilangan yang lain; Siswa menentukan nama bilangan yang dipakai; Siswa menuliskan anggota himpunan yang disesuaikan dengan nama bilangannya; Siswa membentuk himpunan yang berbeda dengan makna yang sama. Pada kategori novelty (1) siswa yang mempunyai kemampuan matemtika tinggi melakukan aktifitas yaitu; Siswa mendata semua anggota kedua himpunan; Siswa melingkari anggota himpunan yang sama; Siswa mencocokkan kedua himpunan; Siswa membuat ringkasan, yaitu apabila terdapat anggota himpunan yang sama dinamakan irisan.(2) pada siswa yang mempunyai kemampuan matematika sedang melakukan aktifitas yaitu; Siswa mendata semua anggota kedua himpunan; Siswa menandai anggota himpunan yang sama; Siswa mencocokkan kedua himpunan; Siswa membuat ringkasan, yaitu apabila terdapat anggota himpunan yang sama dinamakan irisan; Siswa membuat ringkasan, mendata semua anggota himpunan adalah gabungan. (3) pada siswa yang mempunyai kemampuan matematika rendah mempunyai aktifitas yaitu Siswa memahami lagi soal tersebut; Siswa menuliskaan kedua himpunan; Siswa menuliskan pertanyaan dari soal; Siswa tidak menjawab soal yang diberikan. Kata Kunci: fluency, flexibility, novelty, menyelesaikan masalah

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Matematika - S2
    Depositing User: Ihwan Ali
    Date Deposited: 14 Jan 2016 11:49
    Last Modified: 14 Jan 2016 11:49
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/22780

    Actions (login required)

    View Item