STUDI KOMPARASI PEMBELAJARAN KIMIA MENGGUNAKAN METODE KOOPERATIF STAD (STUDENTS TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) DAN JIGSAW BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI KOLOID KELAS XI SEMESTER 2 SMA NEGERI 2 KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Kartika, Annisa Dhini (2015) STUDI KOMPARASI PEMBELAJARAN KIMIA MENGGUNAKAN METODE KOOPERATIF STAD (STUDENTS TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) DAN JIGSAW BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI KOLOID KELAS XI SEMESTER 2 SMA NEGERI 2 KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1118Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan metode pembelajaran Jigsaw lebih baik daripada STAD (Students Teams Achievement Divisions) terhadap prestasi belajar siswa pada materi pokok Koloid kelas XI semester genap SMA Negeri 2 Karanganyar. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain Randomized Pretest-Postest Design untuk mengukur aspek kognitif dan Randomized Postest Design untuk mengukur aspek afektif. Populasi penelitian ini adalah kelas XI IPA SMA Negeri 2 Karanganyar Tahun Ajaran 2011/2012. Teknik pengambilan sampel adalah dengan cluster random sampling dan diambil 2 kelas, satu kelas untuk kelas eksperimen 1 (dengan Jigsaw) dan kelas eksperimen 2 (dengan STAD). Teknik pengumpulan data prestasi belajar adalah dengan metode tes untuk aspek kognitif dan metode angket untuk aspek afektif. Teknik analisis data menggunakan uji-t pihak kanan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan bahwa prestasi belajar siswa pada aspek kognitif yang diajar dengan metode Jigsaw lebih baik daripada siswa yang diajar dengan metode STAD pada materi pokok bahasan Koloid kelas XI semester 2 SMA Negeri 2 Karanganyar. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata selisih prestasi belajar kognitif siswa kelas eksperimen 1 (metode Jigsaw) dan siswa kelas eksperimen 2 (metode STAD) yang masing-masing sebesar 51,43dan 35,14 dengan uji-t di mana t hitung > ttabel (7,83>1,665). Sedangkan untuk prestasi belajar afektif menunjukkan hasil yang secara statistik lebih tinggi pada kelas eksperimen 1 (metode Jigsaw) daripada siswa kelas eksperimen 2 (metode STAD) yang masing-masing sebesar 90,00 dan 86,05 dengan uji-t sebesar t hitung > ttabel (2,32>1,665). Kata kunci : Studi Komparasi, Jigsaw, STAD, Prestasi Belajar, Koloid

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Inang S H
    Date Deposited: 14 Jan 2016 01:03
    Last Modified: 14 Jan 2016 01:03
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/22766

    Actions (login required)

    View Item