PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEACHING GAMES FOR UNDERSTANDING (TGFU) TERHADAP HASIL BELAJAR PERMAINAN BOLA VOLI PADA SISWA KELAS VIII A SMP ANGKASA LANUD ADI SUMARMO TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Sudrajat, Adam (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEACHING GAMES FOR UNDERSTANDING (TGFU) TERHADAP HASIL BELAJAR PERMAINAN BOLA VOLI PADA SISWA KELAS VIII A SMP ANGKASA LANUD ADI SUMARMO TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (386Kb) | Preview

    Abstract

    Adam Sudrajat. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEACHING GAME FOR UNDERSTANDING (TGFU) TERHADAP HASIL BELAJAR PERMAINAN BOLAVOLI PADA SISWA KELAS VIII A SMP ANGKASA LANUD ADI SUMARMO TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Desember 2014. Tujuan penelitian ini adalah untuk Mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Teaching Game for Understanding (TGFU) dalam pembelajaran permainan bolavoli pada siswa kelas VIII SMP Angkasa Lanud Adi Sumarmo tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen kuasi. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Angkasa Lanud Adi Sumarmo Tahun Pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 21 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling satu kelompok yaitu pengambilan sampel berdasarkan suatu kelompok intak yang ada. Data hasil belajar permainan bolavoli yang diperoleh dari penilaian Game Performance Assessment Instrument (GPAI) dari Oslin, Mitchell, & Griffin, 1998 (Mitchell & Oslin, 1999) kemudian dianalisis menggunakan komputer program SPSS Versi 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh penerapan model pembelajaran Teaching Games for Understanding (TGFU) terhadap peningkatan hasil belajar permainan bolavoli. Peningkatan tersebut terlihat pada hasil analisis uji T test. Uji T test menunjukkan hasil dengan nilai probabilitas 0,776 dengan pengambilan kesimpulan hipotesis jika nilai probabilitas > 0,05 maka H0 diterima, jika nialai probabilitas < 0,05 maka H0 ditolak. Berdasarkan pengambilan kesimpulan hipotesis tersebut maka hasil analisa uji T test menunjukkan bahwa nilai probabilitas 0,776 > 0,05 maka dengan hasil analisa tersebut menyatakan bahwa H0 diterima. Simpulan dari penelitian ini adalah adanya pengaruh penerapan model pembelajaran Teaching Games for Understanding (TGFU) terhadap hasil belajar permainan bolavoli pada siswa kelas VIII A SMP Angkasa Lanud Adi Sumarmo tahun pelajaran 2014/2015. Kata kunci : model pembelajaran Teaching Game for Understanding (TGFU) dan hasil belajar permainan bolavoli.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
    Depositing User: Inang S H
    Date Deposited: 14 Jan 2016 00:00
    Last Modified: 14 Jan 2016 00:00
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/22763

    Actions (login required)

    View Item