EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN”TWO STAY TWO STRAY (TSTS)” PADA MATERI KELILING DAN LUAS SEGITIGA DAN SEGIEMPAT DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIISEMESTER GENAP SMP MUHAMMADIYAH 9 GEMOLONG TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Pratiwi, Yulian Adhi (2015) EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN”TWO STAY TWO STRAY (TSTS)” PADA MATERI KELILING DAN LUAS SEGITIGA DAN SEGIEMPAT DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIISEMESTER GENAP SMP MUHAMMADIYAH 9 GEMOLONG TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (881Kb) | Preview

    Abstract

    YulianAdhiPratiwi.”EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN ”TWO STAY TWOSTRAY(TSTS)” PADA MATERI KELILING DAN LUAS SEGITIGA DAN SEGIEMPAT DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII SEMESTER GENAP SMP MUHAMMADIYAH 9 GEMOLONG TAHUN PELAJARAN 2013/2014” Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta. September 2014. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) diantara model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) dan model pembelajaranlangsung, manakah yangdapatmenghasilkanprestasibelajarmatematika yang lebihbaikpadamateripokokkelilingdanluassegitigadansegiempat. (2) diantarakategorimotivasibelajarsiswa (tinggi, sedang, danrendah), manakah yang mempunyaiprestasibelajarmatematika yang lebihbaikpadamateriKelilingdanluassegitigadansegiempat. (3) padamasingmasingkategorimotivasibelajarsiswa (tinggi, sedangdanrendah),manakahdiantara model pembelajaran TSTS ataulangsung yang dapatmemberikanprestasibelajarmatematikalebihbaikpadamateriKelilingdanluasse gitigadansegiempat.segitigadansegiempat. (4) padamasing-masing model pembelajaran (TSTS danlangsung),manakahdiantarakategorimotivasibelajarsiswa (tinggi, sedangdanrendah) yang mempunyaiprestasibelajarmatematikalebihbaikpadamateriKelilingdanluassegitiga dansegiempat. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimental semu. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 9 Gemolong tahun pelajaran 2013/2014, yang terdiri dari 4 kelas dengan banyaknya siswa 141. Sampel yang digunakan yaitu siswa kelas VII A dan VII C dengan jumlah total siswa kedua kelas tersebut adalah 66 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Uji coba instrumen dilaksanakan di SMP Negeri 1 Tanon. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi untuk mengumpulkan data kemampuan awal yang berupa data nilai MID mata pelajaran matematika kelas VII semester II tahun pelajaran 2013/2014, metode angket untuk mengumpulkan data motivasi belajar siswa dan metode tes untuk mengumpulkan data prestasi belajar matematika siswa pada materi Keliling dan luas segitiga dan segiempat. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Sebagai persyaratan analisis yaitu uji normalitas menggunakan metode Lilliefors dan uji homogenitas menggunakan metode Bartlett. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) Pembelajaran matematika dengan model pembelajaran TSTS menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada model pembelajaran langsung pada materi keliling dan luas segitiga dan segiempat, (2) Siswa dengan motivasi belajar tinggi mempunyai prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada siswa dengan motivasi belajar sedang dan rendah. Sedangkan siswa dengan motivasi belajar sedang vii mempunyai prestasi belajar matematika yang sama baik dengan siswa yang mempunyai motivasi belajar rendah pada materi keliling dan luas segitiga dan segiempat, (3) Padamasing-masingmotivasibelajarsiswa, baiktinggi, sedangdanrendah, siswa yang mengikutipembelajarandengan model pembelajaranTwo Stay Two Straydansiswa yang mengikutipembelajarandengan model pembelajaranlangsungmenghasilkanprestasi yang samapadamateripokokkelilingdanluassegitigadansegiempat,(4) Pada masingmasing model pembelajaran, baik model pembelajaran Two Stay Two Stray maupun model pembelajaran langsung, siswa dengan motivasi belajar tinggi,sedang dan rendah mempunyai prestasi belajar matematika yang sama pada materi pokok keliling dan luas segitiga dan segiempat. Kata Kunci :Motivasibelajar, Two Stay Two Stray, TSTS, kelilingdanluassegitigadansegiempat, prestasibelajar.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
    Depositing User: Inang S H
    Date Deposited: 13 Jan 2016 23:49
    Last Modified: 13 Jan 2016 23:49
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/22762

    Actions (login required)

    View Item