PENGGUNAAN MODEL THINK TALK WRITE DENGAN MEDIA PUZZLE DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI PADA SISWA KELAS IVA SDN 1 KRACAK TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Setiawati, Yuli (2015) PENGGUNAAN MODEL THINK TALK WRITE DENGAN MEDIA PUZZLE DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI PADA SISWA KELAS IVA SDN 1 KRACAK TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (925Kb) | Preview

    Abstract

    Yuli Setiawati. PENGGUNAAN MODEL THINK TALK WRITE DENGAN MEDIA PUZZLE DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI PADA SISWA KELAS IVA SDN 1 KRACAK TAHUN PELAJARAN 2014/2015 Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. April 2015. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan langkah-langkah penggunaan model Think Talk Write dengan media puzzle (2) meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi (3) mendeskripsikan kendala dan solusi Penggunaan Model Think Talk Write dengan media puzzle dalam peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas IVA SDN 1 Kracak Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif ini dilaksanakan dalam 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan tes. Validitas data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) model Think Talk Write dengan media puzzle sudah dilaksanakan sesuai dengan langkah-langkah yaitu penjelasan materi dan menunjukkan media puzzle, membentuk kelompok, LKS dan membuat catatan kecil berupa kerangka karangan (Think), diskusi membahas isi catatan berupa kerangka karangan (Talk), merumuskan ide-ide dalam bentuk tulisan atau karangan deskripsi (Write), mempresentasikan hasil diskusi kelompok dan kelompok lain menanggapi, dan refleksi. (2) penggunaan model Think Talk Write dengan media puzzle dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas IVA SDN 1 Kracak Tahun Pelajaran 2014/2015 yang dibuktikan dengan meningkatnya nilai siswa, yaitu pada pratindakan mencapai KKM 70 hanya 8 siswa atau 40% dari 20 siswa, sedangkan rata-ratanya 68. Siklus I 80 % dengan rata-rata 76,07. Siklus II 100 % dengan rata-rata 77,75, siklus III 100 % dengan rata-rata 85,55. (3) kendala yang dihadapi dalam penggunaan model Think Talk Write dengan media puzzle dalam peningkatan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas IVA SDN 1 Kracak Tahun Pelajaran 2014/2015 diantaranya: (a) Guru belum sepenuhnya memahami model pembelajaran, (b) Siswa belum memahami tugas masing-masing individu, (c) Siswa kurang berani bertanya, (d) Proses diskusi masih didominasi oleh siswa yang pintar. Solusi dari kendala tersebut yaitu:(a) Guru lebih baiknya untuk memahami kembali mengenai langkah pembelajaran, (b) Guru seharusnya lebih menjelaskan tugas masing-masing individu, (c) Guru memberikan motivasi dan kesempatan kepada siswa untuk aktif bertanya, (d) Guru senantiasa untuk memantau peran siswa saat berdiskusi. Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan model Think Talk Write dengan media puzzle dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas IVA SD Negeri 1 Kracak Tahun Pelajaran 2014/ 2015. Kata Kunci: Think Talk Write, Puzzle, Karangan Deskripsi

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Inang S H
    Date Deposited: 13 Jan 2016 23:37
    Last Modified: 13 Jan 2016 23:37
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/22761

    Actions (login required)

    View Item