OPTIMALISASI PERAN NEGARA DALAM MELINDUNGI HAK WARGA NEGARA YANG MELAKUKAN TINDAK PIDANA DI LUAR NEGERI (STUDI KASUS TENAGA KERJA INDONESIA SATINAH DI ARAB SAUDI)

Sentani, Rachel Georghea (2015) OPTIMALISASI PERAN NEGARA DALAM MELINDUNGI HAK WARGA NEGARA YANG MELAKUKAN TINDAK PIDANA DI LUAR NEGERI (STUDI KASUS TENAGA KERJA INDONESIA SATINAH DI ARAB SAUDI). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (524Kb) | Preview

    Abstract

    Rachel Georghea Sentani, E0011251, 2015. OPTIMALISASI PERAN NEGARA DALAM MELINDUNGI HAK WARGA NEGARA YANG MELAKUKAN TINDAK PIDANA DI LUAR NEGERI (STUDI KASUS TENAGA KERJA INDONESIA SATINAH DI ARAB SAUDI). Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui optimalisasi peran negara dalam kasus TKI Satinah di Arab Saudi pada tahun 2007 dan hambatan-hambatan serta upayaupaya yang dilakukan pemerintah dalam proses perlindungan terhadap kasus TKI Satinah tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian hukum normatif bersifat preskriptif dan terapan dengan pendekatan perundang-undangan dan pendekatan kasus. Bahan hukum penelitian ini menggunakan bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder. Teknik pengumpulan bahan hukum melalui studi kepustakaan atau studi dokumen (library research), yang selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik deduksi berdasarkan metode penalaran deduktif. Kesimpulan penelitian ini adalah dalam optimalisasi peran negara dalam melindungi hak warga negara yang melakukan tindak pidana di luar negeri pada kasus TKI Satinah dilakukan dengan memfokuskan pada upaya permohonan pengampunan dari keluarga/ahli waris korban. Proses ini menemui beberapa hambatan yang muncul dari adanya perbedaan sistem negara maupun dari pemerintah serta TKI itu sendiri yang ditangani dengan meningkatkan upaya diplomasi serta beberapa mekanisme kebijakan lain. Kata kunci : peran negara, perlindungan warga negara, TKI

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: Inang S H
    Date Deposited: 13 Jan 2016 22:54
    Last Modified: 13 Jan 2016 22:54
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/22756

    Actions (login required)

    View Item