ANALISIS PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI AFEKTIF DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP TURNOVER INTENTIONS DENGAN PERSON ORGANIZATION FIT SEBAGAI PEMODERASI (Studi Pada Karyawan PT. Djitoe I.T.C Surakarta)

Herjuno, Utoro Mardi (2015) ANALISIS PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI AFEKTIF DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP TURNOVER INTENTIONS DENGAN PERSON ORGANIZATION FIT SEBAGAI PEMODERASI (Studi Pada Karyawan PT. Djitoe I.T.C Surakarta). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1381Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh komitmen organisasi afektif dan kepuasan kerja terhadap turnover intentions dengan person organization fit sebagai pemoderasi. Variabel Independen dalam penelitian ini adalah komitmen organisasi afektif, kepuasan kerja dan variabel dependen adalah turnover intentions sedangkan person organization fit dalam penelitian ini menjadi variabel pemoderasi. Penelitian ini dilakukan pada PT. Djitoe I.T.C Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan PT. Djitoe I.T.C Surakarta, dimana sampel yang digunakan sebanyak 120 responden. Metode penelitian menggunakan metode survey, sedangkan pengambilan sampel ditentukan dengan non probability sampling yaitu dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang diberikan kepada responden. Skala Likert dengan rentang pilihan sebanyak 5 pilihan digunakan sebagai pengukur instrument kuesioner. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah hierarchical regression atau regresi berganda dan uji interaksi. Hasil dari penelitian diperoleh bahwa: (1) Kepuasan kerja mempunyai pengaruh signifikan terhadap turnover intentions. (2) Komitmen organisasi afektif mempunyai pengaruh signifikan terhadap turnover intentions. (3) Personorganization fit memoderasi pengaruh hubungan antara kepuasan kerja terhadap turnover intention. (4) Person-organization fit memoderasi pengaruh hubungan antara komitmen organisasi afektif terhadap turnover intentions. Berdasarkan hasil temuan penelitian tersebut maka disarankan untuk penelitian selanjutnya sebaiknya menambah variasi variabel lain karena masih banyak variabel-variabel lain yang mempengaruhi turnover intentions karyawan seperti Organizational reward, perilaku kepemimpinan, karakteristik pekerjaan dan lain-lain agar dapat memperkuat penelitian dan menggunakan sampel yang lebih besar dari beberapa perusahan agar bisa lebih menggeneralisasikan hasil penemuan dalam penelitian. Kata Kunci: Komitmen Organisasi Afektif, Kepuasan Kerja, Turnover Intentions, Person Organization Fit.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
    Depositing User: Inang S H
    Date Deposited: 13 Jan 2016 22:42
    Last Modified: 13 Jan 2016 22:42
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/22754

    Actions (login required)

    View Item