PENERAPAN RELATIONSHIP MANAGEMENT SOLO GRAND MALL DALAM MEMBINA HUBUNGAN DENGAN TENANT

Fajarini, Sofa (2015) PENERAPAN RELATIONSHIP MANAGEMENT SOLO GRAND MALL DALAM MEMBINA HUBUNGAN DENGAN TENANT. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1256Kb) | Preview

    Abstract

    Solo Grand Mall merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bisnis atau dunia usaha di kota Solo. Dengan banyaknya bermunculan perusahaan bisnis yang serupa memberikan tantangan bagi manajemen untuk membangun ide-ide yang baru dengan konsep pemasaran yang modern. Manajemen SGM harus selalu menjaga relationship dengan tenant sehingga terbina hubungan mutualisme yang saling menguntungkan. Keberadaan tenant bagi Solo Grand Mall bukan hanya sebagai sumber pendapatan perusahaan saja, melainkan juga sebuah aset jangka panjang yang perlu dikelola dan dipelihara melalui Customer Relationship Management (CRM). Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan Customer Relationship Management di Solo Grand Mall dalam mempertahankan loyalitas tenant dan mengetahui kendala dan solusi penerapan Customer Relationship Management di Solo Grand Mall dalam mempertahankan loyalitas tenant. Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan tugas akhir ini adalah studi kasus yaitu mengambil suatu obyek tertentu untuk dianalisa secara mendalam. Data yang diperoleh melalui dua sumber yaitu data primer dan data sekunder. Penerapan Customer Relationship Management (CRM) di Solo Grand Mall merupakan strategi memperoleh, mengkonsolidasi dan menganalisa data tenant dan kemudian mempergunakan untuk berinteraksi dengan tenant. Pelaksanaan aktivitas menjadi terintegrasi dan strategi menjalin hubungan dan mengenal tenant untuk meningkatkan loyalitas tenant. Strategi penerapan CRM di Solo Grand Mall dilakukan dengan cara menciptakan lingkaran komunikasi antara CRM Solo Grand Mall dengan tenant. Dengan menggunakan data tenant yang ada dan bertanya kepada tenant tentang hal yang mereka inginkan dari Solo Grand Mall. Kendala yang dihadapi dalam penerapan CRM adalah kurangnya inovasi manajemen Solo Grand Mall dalam menjalin dan menjaga loyalitas tenant. Saran berdasarkan penelitian ini adalah melakukan inovasi CRM untuk memberikan kepuasan pada tenant dengan tujuan loyalitas tenant dan membuat kelompok komunitas tenant dengan menggunakan sistem informasi teknologi seperti website sebagai sharing, berbagi saran dan untuk menyelesaikan masalah dengan cara berdiskusi antara tenant dengan manajemen Solo Grand Mall yang dapat diakses kapan saja, sehingga dapat menyelesaikan permasalahan dengan cepat dan tepat. Kata Kunci : Manajemen, CRM, Tenant

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Divisions: Fakultas Ekonomi > D3 - Manajemen Pemasaran
    Depositing User: Inang S H
    Date Deposited: 13 Jan 2016 21:25
    Last Modified: 13 Jan 2016 21:25
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/22749

    Actions (login required)

    View Item