MAJALAH ANAK & PENGGUNAAN TOKOH "HERO" (Studi Analisis Wacana Kritis Penggunaan Tokoh "Hero" Sebagai Sarana Persuasi Pada Iklan Cerita Bergambar di Majalah Bobo Periode November-Januari 2014)

Sasongko, Yan Dwi (2015) MAJALAH ANAK & PENGGUNAAN TOKOH "HERO" (Studi Analisis Wacana Kritis Penggunaan Tokoh "Hero" Sebagai Sarana Persuasi Pada Iklan Cerita Bergambar di Majalah Bobo Periode November-Januari 2014). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (97Mb) | Preview

    Abstract

    YAN DWI SASONGKO, D1211083, MAJALAH ANAK & PENGGUNAAN TOKOH "HERO" (Studi Analisis Wacana Kritis Penggunaan Tokoh "Hero" Sebagai Sarana Persuasi Pada Iklan Cerita Bergambar di Majalah Bobo Periode November-Januari 2014). Skripsi S1, Program Non Reguler Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sebelas Maret, Surakarta, 2014. Majalah Bobo menyandang gelar sebagai media anak terbesar pertama di Indonesia berdasarkan survey Nielsen Research pada tahun 2012 yang lalu dan berhasil meraih Top Brand Award 5 tahun berturut-turut sejak tahun 2008. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Penggunaan Tokoh "Hero" Sebagai Sarana Persuasi pada iklan cerita bergambar di majalah Bobo periode November-Januari 2014. Penelitian ini menggunakan teori analisis wacana kritis yang dikembangkan oleh Teun A. van Dijk. Teori ini memiliki tiga dimensi. Dimensi pertama adalah analisis struktur teks yang dibagi menjadi tiga tingkatan. Pertama, struktur makro, merupakan makna umum dari suatu teks yang dapat diamati dengan melihat topik atau tema. Kedua, superstruktur merupakan struktur wacana berhubungan dengan kerangka suatu teks, bagaimana bagian-bagian teks tersusun ke dalam berita secara utuh. Ketiga struktur mikro adalah makna wacana yang dapat diamati dari bagian kecil dari suatu teks yakni kata, kalimat, proposisi, anak kalimat, paraphrase, dan gambar. Dimensi kedua adalah analisis konteks sosial dimana mempelajari wacana yang berkembang dalam masyarakat, terakhir dimensi ketiga adalah kognisi sosial, mempelajari bagaimana proses produksi teks berita yang melibatkan kognisi individu dari komunikator. Penelitian ini hanya memfokuskan pada dimensi analisis struktur teks dan analisis sosial. Objek penelitian majalah Bobo periode November-Januari 2014, terdapat 12 edisi majalah dan 9 iklan cerita bergambar yang diteliti. Alasan mengambil bulan tersebut karena ingin mengetahui adakah perbedaan konteks iklan dimajalah yang berbeda tahunnya. Persuasi pada iklan majalah Bobo yang menggunakan tokoh hero digambarkan sebagai sosok yang dapat menjadi pedoman perilaku anak-anak, tokoh hero digambarkan mempersembahkan kemenangan, menjadi inspirasi, suka menolong serta selalu tampil unggul. Pesan yang muncul menyatakan bahwa tokoh hero yang digunakan memiliki daya tarik bagi anak-anak yaitu daya tarik rasional yang berguna untuk menunjukkan iklan mempunyai manfaat, daya tarik emosional dimana cerita dalam iklan dapat membangkitkan emosi pembacanya dalam hal ini para anak, dan terakhir daya tarik moral yang mengajarkan anakanak tentang apa yang dimaksud benar dan apa yang dimaksud salah, melalui keinginan para pembuat iklan

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: Inang S H
    Date Deposited: 13 Jan 2016 00:58
    Last Modified: 13 Jan 2016 00:58
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/22746

    Actions (login required)

    View Item