PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MULTIMEDIA DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPA TENTANG GAYA PADA SISWA KELAS V SDN 2 KEBUMEN TAHUN AJARAN 2014/2015

Kenconowati, Tri Cendekia (2015) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MULTIMEDIA DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPA TENTANG GAYA PADA SISWA KELAS V SDN 2 KEBUMEN TAHUN AJARAN 2014/2015. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (925Kb) | Preview

    Abstract

    Tri Cendekia Kenconowati. PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MULTIMEDIA DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPA TENTANG GAYA PADA SISWA KELAS V SDN 2 KEBUMEN TAHUN AJARAN 2014/2015. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Mei 2015. Tujuan Penelitian ini yaitu: (1) meningkatkan pembelajaran IPA tentang gaya pada siswa kelas V, (2) Mendeskripsikan langkah penggunaan model PBL dengan multimedia, dan (3) mendeskripsikan kendala dan solusi penggunaan model PBL dengan multimedia. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, dengan tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 2 Kebumen tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 26 siswa, terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Validitas data menggunakan teknik triangulasi berupa triangulasi sumber data dan teknik pengumpulan data. Sumber data dalam penelitian terdiri dari siswa, guru, observer, peneliti, dan dokumen. Teknik pengumpulan data adalah tes, observasi, wawancara,dan dokumen. Alat pengumpulan data berupa tes hasil belajar, lembar observasi, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penggunaan model PBL dengan multimedia terdiri dari lima langkah: (a) identifikasi pokok permasalahan dengan multimedia,(b) perencanaan pemecahan masalah dengan multimedia, (c) penyelidikan pemecahan masalah melalui multimedia, (d) pengembangan dan penyajian hasil penyelidikan dengan multimedia, (e) analisis dan evaluasi hasil pemecahan masalah dengan multimedia; (2) penggunaan model PBL dengan multimedia yang dilaksanakan dengan langkah yang tepat dapat meningkatkan pembelajaran IPA tentang gaya di kelas V yang berupa proses dan hasil belajar. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan pembelajaran pada masing-masing siklus. Nilai rata-rata kelas proses belajar siklus I = 73,65, siklus II = 77,31, dan siklus III = 84,90; nilai rata-rata kelas hasil belajar siklus I = 76,63, siklus II = 78,9, siklus III = 85,05; (3) kendala utama dalam pelaksanaan pembelajaran adalah guru dan siswa kurang mempersiapkan pembelajaran. Solusinya adalah guru dan siswa lebih mempersiapkan pembelajaran yang akan dilakukan. Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan model PBL dengan multimedia yang dilaksanakan sesuai dengan langkah yang tepat dapat meningkatkan pembelajaran IPA tentang gaya pada siswa kelas V SDN 2 Kebumen tahun ajaran 2014/2015. Kata Kunci: PBL, multimedia, IPA.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Inang S H
    Date Deposited: 13 Jan 2016 00:39
    Last Modified: 13 Jan 2016 00:39
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/22745

    Actions (login required)

    View Item