“ANALISIS SEGMENTASI KONSUMEN SEPEDA MOTOR YAMAHA MIO DI KOTA SOLO”

Pramono, Sigit (2014) “ANALISIS SEGMENTASI KONSUMEN SEPEDA MOTOR YAMAHA MIO DI KOTA SOLO”. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (420Kb) | Preview

    Abstract

    Segmentasi pasar adalah kegiatan membagi-bagi pasar yang bersifat heterogen ke dalam satuan-satuan pasar (segmen pasar) yang bersifat homogen (Kotler, 1998). Segmentasi penting dilakukan untuk memudahkan perusahaan memahami kondisi pasar serta memudahkan dalam membuat strategi pemasaran (Suharjo, 2008). Penilitian ini merupakan segmentasi pasar yang fokus pada aspek gaya hidup. Variabel Activity, Interest, Opiniondigunakan untuk mengungkap gaya hidup responden. Sampel diambil sebanyak 200 responden dengan menggunakan kuisioner. Teknik purposive sampling digunakan sebagai metode pengambilan sampel. Data diuji dengan menggunakan Hierarchical Cluster Analysys. Software statistik SPSS 16 digunakan untuk membantu pengujian klaster. Hasil menunjukkan bahwa konsumen Yamaha Mio terbagi menjadi tiga segmen. Segmen pertama disebut Circle Userdengan ciri : ramah, fleksibel, mementingkan kesenangan, dan memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Segmen kedua disebut Rectangel Userdengan ciri : pantang menyerah, optimis, mampu bekerja dalam kondisi kritis sekalipun. Segmen ketiga disebut Sosialis User dengan ciri : pandai beradaptasi, aktif, suka terlibat dalam kelompok. Hasil dari uji ini dapat memberikan masukan bagi perusahaan khususnya dalam melakukan segmentasi pasar. Kata Kunci : Segmentasi, Gaya Hidup, AIO (Activity, Interest, Opinion)

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
    Depositing User: Inang S H
    Date Deposited: 12 Jan 2016 17:33
    Last Modified: 12 Jan 2016 17:33
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/22735

    Actions (login required)

    View Item