MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI MINI MELALUI MODIFIKASI ALAT PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS IV SDN KEBAPANGAN KEC. PONCOWARNO KABUPATEN KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Sarman, - (2014) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI MINI MELALUI MODIFIKASI ALAT PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS IV SDN KEBAPANGAN KEC. PONCOWARNO KABUPATEN KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (166Kb) | Preview

    Abstract

    Sarman . MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI MINI MELALUI MODIFIKASI ALAT PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI KEBAPANGAN KECAMATAN PONCOWARNO KABUPATEN KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta April 2014. Tujuan Penelitian ini adalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Bolavoli Mini dengan Modifikasi Alat Pembelajaran pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kebapangan Kecamatan Poncowarno Kabupaten Kebumen Tahun Pelajaran 2013/2014 Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus ,dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa Kelas IV SDN Kebapangan Kecamatan Poncowarno, Kebumen yang berjumlah 24 siswa. Sumber data berasal dari data primer yaitu meliputi data hasil belajar siswa, keaktivan siswa selama KBM, keaktivan guru selama KBM dan data sekunder yang terdiri atas nilai hasil belajar passing bawah bolavoli mini siswa sebelum menjalani tindakan, RPP, silabus, kurikulum; diperoleh dari dokumen yang dimiliki guru dan sekolah.Teknik pengumpulan data adalah dengan tes praktik, pengamatan, kartu ceria, dan studi simak. Validitas data menggunakan teknik triangulasi metode. Prosedur penelitian adalah model terus-menerus dan dilaksanakan dalam siklus yang diberikan pada siswa yang dijadikan subjek penelitian. Pada siklus I hasil belajar siswa adalah 70.83% terdiri dari 45.83% pada kategori cukup dan 25.00% pada kategori baikdengan peningkatan sebesar 7.47% dari kondisi awal 45.83.%. Sedangkan prosentase siswa yang belum tuntas pada siklus I sebesar 29.17 % yang terdiri 0% kriteria kurang sekali dan 29.17% kriteria kurang. Selanjutnya pada pada pelaksanaan siklus II meningkat menjadi 87.50% dari 25.00% pada kategori cukup, 33.33% pada kategori baik, dan 29.17%pada kategori sangat baik Sedangkan prosentase siswa yang belum tuntas sebesar 12.50% yang tediri 0% kriteria kurang sekali dan 12.50% kriteria kurang. Adapun target capaian yang telah ditentukan adalah 75%. Dengan kenaikan sebesar 12.50% dari siklus I dan selisih 12.50% dari target capaian yang ditentukanm maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media bantu Modifikasi alat pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar passing bawah bola voli mini pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kebapangan, Kecamatan Poncowarno, Kabupaten Kebumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui Modifikasi Alat Pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar passing bawah bolavoli mini siswa kelas IV dari pra siklus ke siklus I, dan dari siklus I ke siklus II. Proses pembelajaran pada pra siklus cara penyajian pembelajaran pada teknik saja, sehingga terkesan membosankan dan anak-anak kurang semangat dan kurang vii antusias dalam pembelajaran. Peningkatan terjadi pada siklus I. Modifikasi alat pembelajaran meningkatkan pembelajaran passing bawah bolavoli mini. Pada siklus II dengan Modifikasi alat pembelajaran passing bawah bolavoli mini meningkat lebih baik sehingga dapat mendukung suatu pembelajaran yang berkualitas. Kata kunci : Hasil belajar, passing bawah bola voli mini, Modifikasi alat pembelajaran.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
    Depositing User: Inang S H
    Date Deposited: 12 Jan 2016 16:36
    Last Modified: 12 Jan 2016 16:36
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/22729

    Actions (login required)

    View Item