PENINGKATAN SIKAP ILMIAH DALAM MENERAPKAN KONSEP SIFAT-SIFAT CAHAYA MELALUI PENDEKATAN SCIENTIFIC BERBASIS EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 03 POPONGAN KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2013/ 2014

WIDYASTUTI, RAHMA (2014) PENINGKATAN SIKAP ILMIAH DALAM MENERAPKAN KONSEP SIFAT-SIFAT CAHAYA MELALUI PENDEKATAN SCIENTIFIC BERBASIS EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 03 POPONGAN KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2013/ 2014. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (105Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan sikap ilmiah dalam menerapkan konsep sifat-sifat cahaya dalam mata pelajaran IPA melalui pendekatan scientific berbasis eksperimen pada siswa kelas V SD Negeri 03 Popongan Karanganyar tahun ajaran 2013/2014. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus, setiap siklus dua pertemuan. Tiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 03 Popongan Karanganyar yang berjumlah 20 siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah hasil tes, angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan scientific berbasis eksperimen dapat meningkatkan keterampilan menerapkan konsep sifat-sifat cahaya. Peningkatan nilai keterampilan dapat dilihat dari meningkatnya nilai aspek setiap tindakan. Pada pratindakan hanya 3 siswa atau 15% yang mempunyai nilai keterampilan menerapkan konsep sifat-sifat cahaya dalam kategori tinggi. Indikator kinerja penelitian ini adalah 90% (18 siswa) memiliki keterampilan menerapkan konsep sifat-sifat cahaya siswa dengan kategori tinggi. Pada siklus I, siswa yang memiliki sikap kejujuran dengan kategori sangat baik sejumlah 4 siswa atau 20%, meningkat pada siklus II menjadi 8 siswa atau 40%, dan meningkat lagi pada siklus III menjadi 100%. Siswa yang memiliki sikap saling membantu dengan kategori sangat baik sejumlah 5 siswa atau 25%, meningkat pada siklus II menjadi 7 siswa atau 35%, dan mengalami peningkatan pada siklus III menjadi 100%. Siswa yang memiliki sikap tepat waktu dengan kategori sangat baik sejumlah 1 siswa atau 5%, meningkat pada siklus II menjadi 5 siswa atau 25%, dan meningkat lagi pada siklus III menjadi 18 anak atau 90%. Siswa yang memiliki sikap teliti/cermat dengan kategori sangat baik sejumlah 3 siswa atau 15%, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 6 siswa atau 30% dan pada siklus III meningkat lagi menjadi 18 siswa atau 90%. Siswa yang memiliki sikap tanggung jawab dengan kategori sangat baik sejumlah 8 siswa atau 40%, meningkat pada siklus II menjadi 16 anak atau 80%, dan pada siklus III meningkat lagi menjadi 100%. Rata-rata nilai keterampilan menerapkan konsep sifat-sifat cahaya pada siklus I sebesar 35%, meningkat pada siklus II menjadi 85%, karena belum memenuhi indikator kinerja maka dilanjutkan tindakan siklus III dengan hasil 100% (20 siswa) memiliki kategori tinggi. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa melalui penggunaan pendekatan scientific berbasis eksperimen dapat meningkatkan sikap ilmiah dalam menerapkan konsep sifat-sifat cahaya pada siswa kelas V SD Negeri 03 Popongan Karanganyar tahun ajaran 2013/2014. Kata Kunci: Pendekatan Scientific, Eksperimen, Sikap Ilmiah, Penerapan Konsep Sifatsifat Cahaya

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Q Science > QC Physics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Ihwan Ali
    Date Deposited: 12 Jan 2016 10:59
    Last Modified: 12 Jan 2016 10:59
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/22724

    Actions (login required)

    View Item