HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU HAMIL, TINGKAT PENDAPATAN KELUARGA DAN JARAK LAYANAN KESEHATAN DENGAN CAKUPAN PELAYANAN ANTENATAL Di Bidan Praktek Swasta (BPS) Desa Sekarputih, Kota Batu

, Qotimah (2013) HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU HAMIL, TINGKAT PENDAPATAN KELUARGA DAN JARAK LAYANAN KESEHATAN DENGAN CAKUPAN PELAYANAN ANTENATAL Di Bidan Praktek Swasta (BPS) Desa Sekarputih, Kota Batu. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (284Kb) | Preview

    Abstract

    Qotimah. S541108083. 2013. Hubungan Pengetahuan Ibu Hamil, Tingkat Pendapatan Keluarga Dan Jarak Layanan Kesehatan Dengan Cakupan Pelayanan Antenatal Di Bidan Praktek Swasta(BPS) Desa Sekarputih, Kota Batu. TESIS. Pembimbing I: Prof., Dr. Mulyoto, M.Pd. Pembimbing II : Prof. Dr. Ambar Mudigdo, dr., Sp.PA(K). Program Studi Pendidikan Profesi Kesehatan, Program Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret Surakarta. ABSTRAK Menurut kondisi yang adadan berdasarkan wawancara dengan bidan Sekarputih, bahwa cakupan pelayanan antenatal sudah dapat dikatakan baik tetapi masih banyak masyarakat yang tidak melakukan cakupan pelayanan antenatal dimana ibu hamil datang untuk melakukan persalinan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan pengetahuan ibu hamil, tingkat pendapatan keluarga dan jarak layanan kesehatan dengan cakupan pelayanan antenatal. Jenis penelitian atau metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian survey analitik dengan menggunakan pendekatan survey analitik cross sectional. Metode penelitian survey analitik merupakan penelitian yang mencoba menggali bagaimana dan mengapa fenomena kesehatan itu terjadi, sedangkan survey analitik cross sectiona ladalah suatu penelitian untuk mempelajari dinamika korelasi antara faktor-faktor resiko dengan efek (Notoatmodjo, 2005). Populasi berjumlah 30 orang, dengan teknik pengambilan sampel total sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi logistik. Hasil penelitian ini menunjukkan pengetahuan memiliki hubungan yang signifikan dengan cakupan pelayanan antenatal (OR = 0,039 dengan p-value<0,05). Pendapatan keluarga juga menunjukkan hubungan yang signifikan dengan cakupan pelayanan antenatal (OR = 0,035 dengan p-value<0,05). Jarak layanan juga menunjukkan adanya hubungan yang signifikan dengan cakupan pelayanan antenatal (OR = 0,039 dengan p-value<0,05). Kata Kunci: Pengetahuan ibu hamil, Pendapatan Keluarga, Jarak Layanan, Cakupan Pelayanan Antenatal.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    R Medicine > RT Nursing
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Magister Kedokteran Keluarga
    Depositing User: Ihwan Ali
    Date Deposited: 11 Jan 2016 19:04
    Last Modified: 11 Jan 2016 19:04
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/22711

    Actions (login required)

    View Item