HUBUNGAN PERCAYA DIRI, KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KEHARMONISAN KELUARGA DENGAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS XI IPA DI SMA NEGERI 1 SERIRIT BALI

, Putu Wahyu Sri Juniantari Sandy (2014) HUBUNGAN PERCAYA DIRI, KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KEHARMONISAN KELUARGA DENGAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS XI IPA DI SMA NEGERI 1 SERIRIT BALI. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (107Kb) | Preview

    Abstract

    Putu Wahyu Sri Juniantari Sandy. S541302093. 2014. Hubungan Percaya Diri, Kemandirian Belajar Dan Keharmonisan Keluarga Dengan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas XI IPA Di SMA Negeri 1 Seririt Bali .TESIS. Pembimbing I : Prof. Dr. dr. Didik Gunawan Tamtomo, MM, M.Kes, PAK, II: dr. Ir. Ruben Dharmawan, PhD. Magister Kedokteran Keluarga, Program Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret, Surakarta. ABSTRAK Latar Belakang: Prestasi belajar merupakan indikator yang penting untuk mengukur keberhasilan proses belajar siswa, akan tetapi tidak bisa dipungkiri bahwa tinggi rendahnya prestasi belajar siswa banyak dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di samping proses pengajaran itu sendiri. Kualitas siswa dapat dilihat dari prestasi akademik yang diraihnya. Hasil belajar siswa pada hakikatnya dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Tujuan: Menganalisis hubungan percaya diri, kemandirian belajar dan keharmonisan keluarga dengan prestasi belajar IPA. Metode: Jenis penelitian ini adalah observasional analitik dengan rancangancross sectional. Lokasi penelitian di SMA Negeri 1 Seririt pada bulan April 2014. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Seririt. Sampel sebanyak 62 siswa dengan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa percaya diri mempunyai hubungan positif dan signifikan dengan prestasi belajar (p value 0,013 < 0,05). Kemandirian belajar mempunyai hubungan positif dan signifikan dengan prestasi belajar (p value 0,000 < 0,05). Keharmonisan keluarga mempunyai hubungan positif dan signifikan dengan prestasi belajar (p value 0,029 < 0,05). Percaya diri, kemandirian belajar dan keharmonisan keluarga mempunyai hubungan yang signifikan dengan prestasi belajar secara bersama-sama (p value 0,000 < 0,05). Nilai koefisien determinasi (R2 = 0,531) bahwa variabel percaya diri, kemandirian belajar dan keharmonisan keluarga mempunyai pengaruh sebesar 53,1% terhadap prestasi belajar IPA, sedangkan sebesar 46,9% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model penelitian. Kesimpulan: Ada hubungan yang positif dan signifikan antara percaya diri, kemandirian belajar dan keharmonisan keluarga dengan prestasi belajar IPA siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Seririt Bali. Kata Kunci: percaya diri, kemandirian belajar, keharmonisan keluarga dan prestasi belajar.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Magister Kedokteran Keluarga
    Depositing User: Ihwan Ali
    Date Deposited: 11 Jan 2016 18:05
    Last Modified: 11 Jan 2016 18:05
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/22709

    Actions (login required)

    View Item