Jokowi dan Pemilihan Gubernur DKI Jakarta Tahun 2012 (Analisis Framing Media Terhadap Keikutsertaan Jokowi dalam Pilkada DKI Jakarta Pada Surat Kabar Harian Joglosemar dan Harian Solopos Periode 1 Maret-30 September 2012)

Sulastiko, Putri Prabawati (2013) Jokowi dan Pemilihan Gubernur DKI Jakarta Tahun 2012 (Analisis Framing Media Terhadap Keikutsertaan Jokowi dalam Pilkada DKI Jakarta Pada Surat Kabar Harian Joglosemar dan Harian Solopos Periode 1 Maret-30 September 2012). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (108Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini didasari atas ketertarikan peneliti mengenai keikutsertaan Jokowi dalam Pilkada DKI Jakarta tahun 2012. Peristiwa ini tentu saja menarik perhatian banyak pihak. Terutama dikalangan masyarakat kota Solo dimana saat itu Jokowi masih aktif menjabat sebagai Walikota Solo sampai dengan tahun 2015. Peneliti mencoba melihat bagaimana bingkai yang dibuat oleh harian Umum Joglosemar dan harian umum Solopos dalam melihat peristiwa keikutsertaan Jokowi tersebut. Kedua media cetak tersebut merupakan media cetak yang tumbuh dan berkembang di kota Solo yang merupakan kota asal Jokowi. Penelitian ini merupakan studi kualitatif dengan menggunakan pendekatan analisis framing. Analisis framing yang digunakan adalah model Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki, yang menganalisis teks berita dengan melihat empat elemen yaitu sintaksis, skrip, tematik dan retoris. Model ini digunakan peneliti karena memberikan kesempatan untuk melihat secara lebih rinci frame yang dibangun oleh sebuah media dalam melihat suatu peristiwa. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil analisis ini adalah masing-masing media dalam membingkai peristiwa mengenai keikutsertaan Jokowi dalam Pilkada DKI Jakarta memiliki perbedaan. Harian Joglosemar pada awalnya memberitakan wacana pencalonan Jokowi merupakan hal yang negatif namun pada akhirnya Joglosemar memberitakan peristiwa tersebut sebagai sesuatu yang positif. Sementara harian umum Solopos sebagai media lokal yang telah lama berdiri di kota Solo melihat peristiwa keikutsertaan Jokowi dalam Pilkada DKI Jakarta ini merupakan sebuah langkah positif. Hal tersebut terlihat dari sikap Solopos yang konsisten dalam berita-berita yang dimuat sejak pertama kali wacana pencalonan Jokowi ini mencuat. Kata kunci: analisis framing, Keikutsertaan Jokowi, Surat Kabar, Pilkada DKI Jakarta 2012

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: Ihwan Ali
    Date Deposited: 11 Jan 2016 17:06
    Last Modified: 11 Jan 2016 17:06
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/22705

    Actions (login required)

    View Item