Pembelajaran Matematika Tematik melalui Pengenalan Dasar Ilmu Pemrograman Berbasis Permainan Robot Virtual Untuk Siswa SMA

Faisal, M. and Pangestu, Dhany (2015) Pembelajaran Matematika Tematik melalui Pengenalan Dasar Ilmu Pemrograman Berbasis Permainan Robot Virtual Untuk Siswa SMA. Pembelajaran Matematika Tematik melalui Pengenalan Dasar Ilmu Pemrograman Berbasis Permainan Robot Virtual Untuk Siswa SMA.

[img]
Preview
PDF
Download (793Kb) | Preview

    Abstract

    Berdasarkan hasil PISA (Programme for International Student Assessment) tahun 2012, Indonesia berada di peringkat 64 dari 65 negara. Rata-rata skor untuk matematika anak Indonesia berada di angka 375, Padahal rata-rata skor matematika dari 65 negara adalah 494. Hal ini menunjukkan bahwa matematika yang diajarkan di Indonesia berbeda dengan tuntutan zaman yang telah berkembang pesat. Upaya untuk memperbaiki komponen inti proses pendidikan ini, yaitu adanya kurikulum 2013. Pada kurikulum 2013 ini, pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan pembelajaran tematik. Pembelajaran tematik adalah pembelajaran terpadu yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna kepada siswa. Salah satu implementasi kurikulum 2013 yaitu pada siswa kelas X Sekolah Menengah Atas (SMA). Pendekatan tematik menuntut guru lebih kreatif untuk membuat materi pembelajaran matematika supaya lebih mudah dipahami siswa yaitu melalui media pembelajaran permainan berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Penguasaan TIK pada era global sangatlah penting untuk dikuasai. Pembelajaran matematika dapat disampaikan melalui dasar-dasar ilmu pemrograman pada permainan robot virtual. Pemrograman adalah proses untuk membuat pekerjaan menjadi lebih sederhana dan disusun secara teratur, sehingga dapat memudahkan manusia dalam menyelesaikan pekerjaannya. Orang yang menggunakan bahasa pemrograman untuk membuat aplikasi disebut programmer. Melihat kondisi Indonesia yang sedang berkembang, programmer sangat dibutuhkan untuk mengubah pola pikir manual ke arah otomatisasi yang sudah menjadi tuntutan perkembangan zaman yang berkembang pesat. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dengan data primer yang didapatkan langsung dari responden dan data sekunder dari literatur pustaka. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner online tertutup dan teknik analisis dokumen. Populasi yang digunakan adalah mahasiswa Indonesia semua semester dengan background jurusan ilmu informatika dan/komputer baik dari ilmu murni maupun pendidikan dengan jumlah 30 mahasiwa, menggunakan metode stratified random sampling. Pembagian kuisioner tertutup dilakukan secara online pada 21-22 Oktober 2014. Model analisis hasil penelitian dilakukan dengan perhitungan frekuensi jawaban dari pertanyaan kuisioner. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa sebanyak 73,33% menyatakan ilmu pemrograman sulit dipelajari. Sebanyak 96,67% menyatakan ilmu pemrograman penting dipelajari. Sebanyak 76,67% menyatakan matematika sebagai pelajaran umum yang paling sering digunakan pada TIK. Sebanyak 76,67% merupakan lulusan SMA. Sebanyak 60% menyatakan ilmu pemrograman tidak didapatkan pada jenjang sebelum perkuliahan. Sebanyak 50% menyatakan belum ada media pembelajaran pemrograman. Sebanyak 90% menyatakan dibutuhkan media pembelajaran pemrograman yang berintegrasi dengan matematika. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu bahwa dibutuhkan media pembelajaran matematika tematik melalui ilmu permrograman berbasis permainan robot virtual untuk siswa kelas X SMA yang dapat membantu siswa dalam pembelajaran matematika dengan mengaitkan tema beberapa mata pelajaran dengan bantuan TIK. Keywords : matematika, pembelajaran, pemrograman, robo virtual, tematik

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QA Mathematics
    T Technology > T Technology (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Ana Ana Ana
    Date Deposited: 11 Jan 2016 14:15
    Last Modified: 11 Jan 2016 14:15
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/22698

    Actions (login required)

    View Item