PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA TERPADU INTERAKTIF DALAM BENTUK E-LEARNING BERBASIS MOODLE UNTUK SISWA SMP PADA TEMA EKOSISTEM AIR TAWAR

Puspa Sari, Putri Amelia (2013) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA TERPADU INTERAKTIF DALAM BENTUK E-LEARNING BERBASIS MOODLE UNTUK SISWA SMP PADA TEMA EKOSISTEM AIR TAWAR. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (659Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pengembangan media dan produk akhir yang dihasilkan dari pengembangan media pembelajaran IPA Terpadu berbasis e-learning dengan program Moodle pada tema Ekosistem Air Tawar yang memenuhi kriteria baik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan pendekatan kualitatif didukung data kuantitatif. Penelitian pengembangan ini berdasarkan model prosedural yang dikembangkan oleh Borg dan Gall. Data yang diperoleh berasal dari 2 ahli materi, 2 ahli media, 3 peer reviewer, 3 reviewer, dan siswa sebagai responden. Pada penelitian ini dilakukan uji coba lapangan awal terhadap 9 siswa dan uji coba lapangan utama terhadap 30 siswa dari SMP Negeri 1 Surakarta, SMP Negeri 5 Surakarta, dan SMP Negeri 15 Surakarta. Teknik pengumpulan data berupa angket dan wawancara tidak terstruktur. Teknik analisis data kualitatif yang digunakan yakni model interaktif dari Miles dan Huberman yang melalui tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun kuantisasi data dilakukan dengan menjumlah skor setiap aspek kemudian dikategorikan ke dalam lima kriteria dengan rumusan yang digunakan oleh Saifuddin Azwar. Tahapan dalam pengembangan media ini sampai dihasilkan produk akhir yaitu (1) penelitian dan pengumpulan informasi, meliputi analisis kebutuhan dan studi literatur; (2) perencanaan, meliputi (a) penetapan tema pemersatu, (b) penetapan bidang kajian IPA yang akan dipadukan, (c) pemetaan SK dan KD, (d) pembuatan bagan hubungan KD dengan tema pemersatu, (e) penentuan indikator kompetensi, (f) penentuan sistematika media; (3) pengembangan draf produk, meliputi (a) persiapan peralatan, (b) pengembangan materi dan aktivitas belajar, (c) penyewaan domain dan hosting, (d) penginstalan Moodle, (e) penggantian tema Moodle, (f) pengaturan front page Moodle, (g) pengaturan pengguna (user), (h) pengaturan category, (i) pengaturan course, (j) penambahan activity dan resource; (4) uji validasi; (5) uji coba lapangan awal dan revisi, (6) uji coba lapangan utama dan revisi. Produk akhir dalam penelitian ini berupa media pembelajaran IPA Terpadu berbasis e-learning dengan program Moodle untuk siswa SMP pada tema Ekosistem Air Tawar yang dapat dibuka pada alamat web e-learningipaterpaduuns.com. Karakteristik media yang dikembangkan meliputi (a) tampilan halaman muka (front page) tema Ekosistem Air Tawar, (b) tampilan halaman pendahuluan kategori dan pilihan course, (c) tampilan halaman course yang terdiri dari 4 course meliputi (1) Peta Kompetensi dan Peta Konsep, (2) Air Tawar, (3) Kerusakan Ekosistem Air Tawar, dan (4) Menjaga Ekosistem Air Tawar. Sistematika course subtema terdiri dari tujuan belajar, tahukah kamu, mari membaca, mari pelajari materimu, mari bekerja sains, mari berdiskusi, mari bertanya jawab, dan mari uji pemahamanmu. Kata kunci: media pembelajaran IPA Terpadu, e-learning, Moodle, Ekosistem Air Tawar.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Q Science > QC Physics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: Ihwan Ali
    Date Deposited: 11 Jan 2016 13:24
    Last Modified: 11 Jan 2016 13:24
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/22691

    Actions (login required)

    View Item