Wayang Jari Edukasi (AYANG RIKA) : Media Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan berbasis Pendidikan Karakter bagi Siswa Sekolah Dasar

Novianti, Putri and Izza Tazkiah , Fitria (2015) Wayang Jari Edukasi (AYANG RIKA) : Media Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan berbasis Pendidikan Karakter bagi Siswa Sekolah Dasar. Wayang Jari Edukasi (AYANG RIKA) : Media Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan berbasis Pendidikan Karakter bagi Siswa Sekolah Dasar.

[img]
Preview
PDF
Download (831Kb) | Preview

    Abstract

    Salah satu penghambat meningkatnya kualitas pendidikan di Indonesia adalah krisis moral. Krisis moral dapat melumpuhkan sendi-sendi kehidupan bermasyarakat, tidak terkecuali menjadi penyebab semakin sulitnya penerapan pendidikan nilai. Oleh karena itu, pemerintah menggencarkan pendidikan karakter di berbagai jenjang secara berkesinambungan sebagai proses pembentukan karakter anak bangsa dan menjadi pondasi utama mengatasi dampak globalisasi yang semakin meruntuhkan jati diri bangsa. Pentingnya upaya peningkatan pendidikan karakter pada jalur pendidikan sangat penting diterapkan sejak pendidikan dasar karena anak-anak merupakan bagian dari suatu bangsa sekaligus sebagai generasi penerus perjuangan cita-cita bangsa. Oleh karena itu, penulis menggagas suatu solusi penggunaan “Wayang Jari Edukasi (Ayang Rika) sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Berbasis Pendidikan Karakter bagi Siswa Sekolah Dasar”. Wayang jari merupakan modifikasi wayang sebesar jari terbuat dari kain flanel yang cara memainkannya yaitu dengan memasukkannya ke dalam jari-jari dan dimainkan sesuai lakon cerita yang dibuat. Pendekatan yang digunakan dalam penulisan ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif berdasarkan kajian kepustakaan. Pemilihan pendekatan ini diharapkan dapat memberikan gambaran secara cermat mengenai potensi dari objek kajian. Sedangkan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dan data primer. Data primer berasal dari informasi yang diterima dari informan, sedangkan data sekunder yaitu data yang diperoleh dari bahan pustaka. Wayang jari edukasi dapat menggambarkan secara lebih konkret materi apa yang dijelaskan. Media ini dapat dijadikan sebagai media pembelajaran bagi berbagai bidang ilmu salah satunya Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) baik sebagai media apersepsi maupun kegiatan inti dimana ceritanya dapat disesuaikan berdasarkan materi yang akan disampaikan.Media pembelajaran ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan mendapatkan gambaran dari internalisasi karakter-karakter dalam kehidupan sehari-hari. Keywords : media pembelajaran, pendidikan karakter, PPKn, wayang jari, sekolah dasar

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
    T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Ana Ana Ana
    Date Deposited: 08 Jan 2016 16:19
    Last Modified: 08 Jan 2016 16:19
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/22684

    Actions (login required)

    View Item