RAKERNAS (Rumah Kreasi Anak Cerdas): Tempat Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Melalui Permainan Anak Sebagai Solusi Mencegah Degradasi Moral

Setyaningtyas, Putri and Faisal, M. and Dwi Putra Nugraha , Yahya (2015) RAKERNAS (Rumah Kreasi Anak Cerdas): Tempat Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Melalui Permainan Anak Sebagai Solusi Mencegah Degradasi Moral. RAKERNAS (Rumah Kreasi Anak Cerdas): Tempat Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Melalui Permainan Anak Sebagai Solusi Mencegah Degradasi Moral.

[img]
Preview
PDF
Download (781Kb) | Preview

    Abstract

    Saat ini generasi penerus bangsa mengalami degradasi moral, data menunjukkan bahwa sebanyak 4,7 % dari total pelajar dan mahasiswa di Indonesia adalah pengguna narkoba, dan Badan Narkotika Nasional memperkirakan tahun 2015 akan meningkat sebanyak 2,8 %. Pemerintah memprioritaskan pembangunan karakter bangsa.Pemerintah melalui mengeluarkan Kebijakan Nasional Pembangunan Karakter Bangsa Tahun 2010-2015.Pembagunan karakter tersebut berlandas pada moral budaya bangsa yang berlandas pada 18 pilar nilai-nilai pendidikan karakter.Maka dari itu digagaslah program RAKERNAS (Rumah Kreasi Anak Cerdas). RAKERNAS merupakan tempat bermain dan belajar anak yang berguna untuk menanamkan nilai-nilai penddikan karakter sebagai solusi mencegah degradasi moral.RAKERNAS didesain sedemikian rupa menjadi ruangan yang kaya manfaat. Kegiatan di RAKERNAS yaitu anak akan bermain permainan edukatif yang disisipi oleh pengetahuan nilai-nilai pendidikan karakter serta kegiatan pendukung lainnya. Mainan-maianan serta nilai-nilai yang diimplementasinan di dalam RAKERNAS adalah Monopoli Pendidikan Karakter (Mondikar) dan Ular Tangga Karakter (Ultaker). Sedangkan kegiatan pendukung lain berupa belajar bersama, outbond, market day dan kegiatan cinta lingkungan.Hal yang dilakukan untuk mengimplementasikan gagasan ini adalah membuat rancangan dan pelaksanaan penanaman nilai-nilai penddikan karakter dengan cara mengidentifikasinilai-nilai penddikan karakter yang diterapkan dalam pembelajaran. Mengembangkan rancangan pelaksanaan setiap kegiatan RAKERNAS dengan cara menyediakan sarana dan prasarana yang mendukung program agar berjalan optimal. Selanjutnya melakukan monitoring dan evaluasi.Penerapan RAKERNAS kepada anak-anak memberikan beberapa dampak yang sangat penting bagi penanaman nilai-nilai pendidikan karakter.Biaya operasional untuk pelaksaanaan RAKERNAS memang kurang ekonomis. Namun, metode RAKERNAS ini sangat inovatif ketika diterapkan sebagai cara penanaman nilai-nilai pendidikan karakter pada anak-anak. Keywords : Degradasi moral, pendidikan karakter, permainan, RAKERNAS

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Ana Ana Ana
    Date Deposited: 08 Jan 2016 14:39
    Last Modified: 08 Jan 2016 14:39
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/22682

    Actions (login required)

    View Item