PENGARUH STRUKTUR DEWAN TERHADAP HARGA SAHAM PADA SAAT IPO (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN YANG MELAKUKAN IPO DI INDONESIA PERIODE 2004-2013)

Hapsari, Riska (2015) PENGARUH STRUKTUR DEWAN TERHADAP HARGA SAHAM PADA SAAT IPO (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN YANG MELAKUKAN IPO DI INDONESIA PERIODE 2004-2013). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (727Kb) | Preview

    Abstract

    Seiring berkembangnya pasar modal di Indonesia, perusahaan yang melakukan Initial Public Offering (IPO) semakin meningkat. Akan tetapi fenomena yang sering terjadi dalam initial public offering adalah harga penawaran yang lebih rendah dari harga pada pasar sekunder yang disebut dengan underpricing. Hal ini tentu saja merugikan perusahaan sebagai pihak yang terkait. Disisi lain struktur dewan yang baik disebut dapat menjadi sinyal bagi investor potensial untuk menilai perusahaan dengan lebih baik sehingga diharapkan investor dapat melihat nilai yang seharusnya dari perusahaan sehingga dapat mengurangi tingkat underpricing bahkan menghindarkan dari resiko underpricing. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh struktur dewan yang meliputi ukuran dewan, independensi dewan, dan terdapatnya komite audit terhadap tingkat underpricing pada penawaran saham perdana (IPO). Penelitian ini didasarkan pada teori sinyal yang menunjukkan bahwa keberadaan tata kelola perusahaan yang baik menandakan kualitas tinggi dari sebuah perusahaan. Sehingga struktur dewan yang merupakan bagian dari tata kelola perusahaan dapat dijadikan indikator untuk meningkatkan nilai perusahaan yang akan melakukan Initial Public Offering (IPO). Sedangkan keberadaan komite audit dianggap menjadi salah satu penilaian bahwa perusahaan telah menjalankan tata kelola perusahaannya dengan baik. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan model regresi dimana peneliti menggunakan 86 sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran dewan dan independensi dewan memiliki korelasi positif signifikan terhadap underpricing sedangkan komite audit memiliki korelasi negative signifikan terhadap underpricing. Kata Kunci: Initial Public Offering (IPO), Underpricing, Ukuran Dewan, Independensi Dewan, Komite audit, Teori Sinyal

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
    Depositing User: Inang S H
    Date Deposited: 06 Jan 2016 22:45
    Last Modified: 06 Jan 2016 22:45
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/22668

    Actions (login required)

    View Item