PROFIL KESULITAN SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA MATERI POKOK BANGUN RUANG SISI DATAR DITINJAU DARI KECERDASAN VISUAL-SPASIAL SISWA (Penelitian Dilakukan di SMP Negeri 1 Jaten Karanganyar Kelas VIII Tahun Ajaran 2013/2014)

WIjayanti, Ria Wahyu (2015) PROFIL KESULITAN SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA MATERI POKOK BANGUN RUANG SISI DATAR DITINJAU DARI KECERDASAN VISUAL-SPASIAL SISWA (Penelitian Dilakukan di SMP Negeri 1 Jaten Karanganyar Kelas VIII Tahun Ajaran 2013/2014). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1124Kb) | Preview

    Abstract

    Ria Wahyu Wijayanti. K1310068. PROFIL KESULITAN SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DITINJAU DARI KECERDASAN VISUALSPASIAL SISWA (Penelitian Dilakukan di SMP Negeri 1 Jaten Karanganyar Kelas VIII Tahun Ajaran 2013/2014). Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Februari 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil kesulitan siswa dalam memecahkan masalah matematika materi bangun ruang sisi datar ditinjau dari kecerdasan visual-spasial siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah enam orang siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Jaten Karanganyar pada semester genap tahun ajaran 2013/2014 yaitu dua siswa dari kategori kecerdasan visual-spasial tinggi, dua siswa dari kategori kecerdasan visual-spasial sedang dan dua siswa dari kategori kecerdasan visual-spasial rendah. Pemilihan subjek dilakukan dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara berbasis tugas. Uji validitas data dilakukan dengan triangulasi waktu. Analisis data dilakukan melalui tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini mengacu pada penelitian yang dilakukan Yeo (2009) mengenai kesulitan yang dialami siswa kelas VIII dalam memecahkan masalah matematika. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa: (1) Siswa dengan kecerdasan visual-spasial tinggi memiliki jenis kesulitan (a) kesulitan dalam menerjemahkan masalah kedalam model matematika yaitu kesulitan dalam membuat simbol-simbol matematika, kesulitan menentukan model matematika dari apa yang diketahui, kesulitan menentukan model matematika dari apa yang ditanyakan, (b) kesulitan dalam melakukan prosedur matematik yang benar yaitu kesulitan dalam mengoperasikan hitungan, tidak tepat dalam melakukan proses pengerjaan. (2) Siswa dengan kecerdasan visual-spasial sedang, memiliki jenis kesulitan (a) kesulitan dalam menerjemahkan masalah ke dalam model matematika yaitu kesulitan dalam membuat simbol-simbol matematika, kesulitan menentukan model matematika dari hal yang diketahui, kesulitan menentukan model matematika dari hal yang ditanyakan, (b) kesulitan dalam menentukan strategi penyelesaian masalah yaitu tidak lengkap dan tidak tepat dalam menentukan rencana pemecahan masalah (c) kesulitan dalam melakukan prosedur matematik yang benar, yaitu kesulitan dalam mengoperasikan hitungan, tidak tepat dalam melakukan proses pengerjaan, tidak tepat dalam menentukan jawaban akhir, tidak tepat dalam menentukan kesimpulan. (3) Siswa dengan kecerdasan visual-spasial rendah, memiliki jenis kesulitan (a) kesulitan dalam memahami masalah yaitu kesulitan memahami hal yang diketahui soal, kesulitan memahami hal yang ditanyakan soal, (b) kesulitan dalam menerjemahkan masalah ke dalam model matematika yaitu kesulitan dalam membuat simbol-simbol matematika, kesulitan menentukan model matematika dari apa yang diketahui, ix kesulitan menentukan model matematika dari apa yang ditanyakan, (c) kesulitan dalam menentukan strategi penyelesaian masalah yaitu tidak lengkap dan tidak tepat dalam menentukan rencana pemecahan masalah, (d) kesulitan dalam melakukan prosedur matematik yang benar, yaitu kesulitan dalam mengoperasikan hitungan, tidak tepat dalam melakukan proses pengerjaan, tidak tepat dalam menentukan jawaban akhir, tidak tepat dalam menentukan kesimpulan. Kata Kunci: kesulitan siswa, pemecahan masalah, kecerdasan visual-spasial, bangun ruang sisi datar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
    Depositing User: Inang S H
    Date Deposited: 06 Jan 2016 21:04
    Last Modified: 06 Jan 2016 21:04
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/22665

    Actions (login required)

    View Item