PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN FORMULATE-SHARE-LISTEN-CREATE (FSLC) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS X MIA 2 SMA KRISTEN 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Gusantika, Putri Sintia (2015) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN FORMULATE-SHARE-LISTEN-CREATE (FSLC) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS X MIA 2 SMA KRISTEN 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (492Kb) | Preview

    Abstract

    Putri Sintia Gusantika. PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN FORMULATE-SHARE-LISTEN-CREATE (FSLC) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS X MIA 2 SMA KRISTEN 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Februari 2015. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan strategi FSLC dapat meningkatkan semua aspek kemampuan komunikasi matematis siswa, mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dengan strategi FSLC yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas X MIA 2 SMA Kristen 1 Surakarta dan untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa setelah mengikuti pembelajaran matematika dengan strategi FSLC. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah guru matematika dan siswa kelas X MIA 2 SMA Kristen 1 Surakarta tahun pelajaran 2014/2015 sebanyak 18 siswa. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah data kemampuan komunikasi matematis siswa yang menyangkut 4 aspek, yaitu kemampuan gramatikal, sosiolinguistik, strategis dan diskusi. Untuk data kemampuan gramatikal, sosiolinguistik dan strategis diperoleh dari hasil tes akhir siklus, sedangkan untuk kemampuan diskusi diperoleh dari hasil observasi selama proses pembelajaran dan diskusi setelah tes akhir siklus. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah setidaknya 65% siswa telah mencapai minimal level 2 untuk setiap aspek kemampuan komunikasi matematis yang diungkapkan oleh Olivares, dengan pelevelan berpedoman pada rubrik skoring kemampuan komunikasi matematis yang diungkapkan oleh Asikin (2003). Hasil penelitian menyimpulkan bahwa langkah pembelajaran dengan strategi FSLC yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis adalah: 1) Kegiatan awal, yaitu: a) Guru mengkondisikan siswa siap belajar dan memberikan motivasi kepada siswa. b) Guru mengingatkan kembali kepada siswa materi yang sudah dipelajari pada pertemuan sebelumnya. 2) Kegiatan inti: a) Formulate, yang meliputi: (1) Guru menyampaikan materi sebagai bekal siswa untuk menyelesaikan permasalahan pada LKS. (2) Siswa membaca, mencermati dan mencatat informasi yang berkaitan dengan masalah yang ada dalam LKS dan membuat rencana penyelesaian sesuai dengan bekal pengetahuan yang telah dimiliki. b) Share yang meliputi: Siswa berbagi pendapat/ide dengan teman sekelompoknya c) Listen yang meliputi: Siswa mendengarkan pendapat dari teman sekelompoknya dan mencatat persamaan maupun perbedaan pendapat berkaitan dengan masalah yang terdapat dalam LKS. d) Create yang meliputi: Siswa bersama teman sekelompoknya mendiskusikan penyelesaian yang terbaik berkaitan dengan masalah yang disajikan dalam LKS kemudian membuat kesimpulan. e) Guru meminta perwakilan siswa untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas. f) Guru mengklarifikasi hasil diskusi yang telah dipresentasikan dan vii memastikan semua siswa memahaminya. 3) Penutup, yaitu: a) Guru memberikan kuis yang dikemas dalam bentuk permainan untuk mengecek pemahaman siswa. b) Guru bersama siswa menyimpulkan pembelajaran yang telah berlangsung. c) Guru menginformasikan kepada siswa materi yang akan dipelajari pada pertemuan yang akan datang dan meminta siswa untuk membaca dan menyiapkan pertanyaan untuk dibahas dipertemuan yang akan datang. Berdasarkan pembelajaran tersebut, kemampuan komunikasi matematis siswa pada aspek kemampuan gramatikal meningkat sebesar 44,44%. Untuk kemampuan sosiolinguistik, meningkat sebesar 33,33%. Pada aspek kemampuan strategis, meningkat sebesar 38,89%, sedangkan pada kemampuan diskusi meningkat sebesar 44,45%. Kata kunci: strategi pembelajaran Formulate-Share-Listen-Create, komunikasi matematis, kemampuan komunikasi matematis

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
    Depositing User: Inang S H
    Date Deposited: 06 Jan 2016 20:42
    Last Modified: 06 Jan 2016 20:42
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/22662

    Actions (login required)

    View Item