PENGARUH KUALITAS LAYANAN PENDIDIKAN TERHADAP KEPUASAN PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014

, PUSPITASARI (2014) PENGARUH KUALITAS LAYANAN PENDIDIKAN TERHADAP KEPUASAN PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (92Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) menganalisis variabel-variabel yang ada dalam kualitas layanan pendidikan yaitu keandalan, bukti langsung, kecepattanggapan, jaminan, dan empatisecara simultan memiliki pengaruh terhadap kepuasan peserta didik di SMA Negeri 1 Surakarta tahun ajaran 2013/2014, 2) menganalisis variabel keandalan dalam kualitas layanan pendidikan memiliki pengaruh terhadap kepuasan peserta didik di SMA Negeri 1 Surakarta tahun ajaran 2013/2014, 3) menganalisis variabel bukti langsung dalam kualitas layanan pendidikan memiliki pengaruh terhadap kepuasan peserta didik di SMA Negeri 1 Surakarta tahun ajaran 2013/2014, 4) menganalisis variabel kecepattanggapan dalam kualitas layanan pendidikan memiliki pengaruh terhadap kepuasan peserta didik di SMA Negeri 1 Surakarta tahun ajaran 2013/2014, 5) menganalisis variabel jaminan dalam kualitas layanan pendidikan memiliki pengaruh terhadap kepuasan peserta didik di SMA Negeri 1 Surakarta tahun ajaran 2013/2014, 6) menganalisis variabel empati dalam kualitas layanan pendidikan memiliki pengaruh terhadap kepuasan peserta didik di SMA Negeri 1 Surakarta tahun ajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA dan IPSregular SMA Negeri 1 Surakarta tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 324 siswa dan sampelnya berjumlah 76 siswa. Teknik pengambilan sampling menggunakan quota sampling dan proportionate random sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada responden dengan skala likert.Pengujian persyaratan analisis meliputi uji normalitas, uji autokorelasi, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, dan uji linieritas. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji F, uji t, dan koefisien determinasi (AdjustedR Square).Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi berganda.Persamaan regresi adalah Y= -0,427 + 0,306X1+ 0,167X2 + 0,248X3 + 0,154X4 +0,120X5. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) Variabel kualitas layanan pendidikan yang terdiri dari keandalan (X1), bukti langsung (X2), kecepattanggapan (X3), Jaminan (X4), dan empati (X5) secara simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan peserta didik di SMA Negeri 1 Surakarta tahun ajaran 2013/2014. yang ditunjukkan dengannilai Fhitung>Ftabel yaitu 117,967> 2,346 dengan taraf signifikansi sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,05. (2) Variabel kualitas layanan pendidikan yang terdiri dari keandalan (X1), bukti langsung (X2), kecepattanggapan (X3), Jaminan (X4), dan empati (X5) secara parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan peserta didik di SMA Negeri 1 Surakarta tahun ajaran 2013/2014 yang ditunjukkan denganthitung> ttabelkeandalan sebesar 3.887>1,994 dan tingkat signifikasi .000(p < 0,05), thitung> ttabelbukti langsung sebesar 2.202>1,994 dan tingkat signifikasi .031(p < 0,05), thitung> ttabel kecepattanggapan sebesar 2.069>1,994 dan tingkat signifikasi .042(p < 0,05), thitung> ttabel jaminan sebesar 2.066>1,994 dan tingkat signifikasi .043(p < 0,05), thitung> ttabelempati sebesar 2.128>1,994 dan tingkat signifikasi .031(p < 0,05).Hasil perhitungan koefisien determinasi (R

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Ihwan Ali
    Date Deposited: 06 Jan 2016 07:13
    Last Modified: 06 Jan 2016 07:13
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/22660

    Actions (login required)

    View Item