PENGARUH PERMAINAN BOLAVOLI MINI TERHADAP KETERAMPILAN GERAK DASAR PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI PASIR KEBUMEN TAHUN AJARAN 2013/2014

, PURWANTO (2014) PENGARUH PERMAINAN BOLAVOLI MINI TERHADAP KETERAMPILAN GERAK DASAR PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI PASIR KEBUMEN TAHUN AJARAN 2013/2014. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (550Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan gerak dasar dan mengetahui prosedur cara bermain bolavoli mini dengan benar pada siswa kelas IV SD Negeri Pasir Kebumen tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuasi (PEK). Penelitian dilaksanakan dengan desain Non equivalen Control Group Design. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Pasir Kebumen berjumlah 44 siswa. Dalam penelitian ini terdapat dua kelompok, yaitu kelompok kontrol sebanyak 22 siswa dan kelompok eksperimen sebanyak 22 siswa. Teknik pengumpulan data dengan tes TGMD 2 (Ulrich, D.A. (2000), tes membuat keputusan taktik dan pelaksanaan keterampilan yaitu dengan GPAI (Game Performance Assesment Instrument) dan lembar observasi atau lembar pengamatan.Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dan Analisis statistik Inferensial. Dari segi proses penerapan pembelajaran permainan bolavoli mini pada siswa kelas IV SD Negeri Pasir Kebumen adalah efektif, keefektifan penerapan permainan Bolavoli mini ditunjukkan oleh hasil analisis data yaitu analisis data dengan lembar observasi terhadap kegiatan siswa dalam proses pembelajaran selama 12 kali pertemuan, bahwa sebagian besar siswa termasuk dalam kategori baik sekali sebanyak 3 siswa atau 13.63%, kategori baik sebanyak 9 siswa atau 40.91%, kategori cukup sebanyak 8 siswa atau 36.36% dan kategori sedang berjumlah 2 siswa atau 9.09%. Dalam pembelajaran sesuai di sekolahan tidak dapat dilaksanakan observasi saat pembelajaran berlangsung, karena pembelajaran tidak terdesain dengan rinci sebagaimana pada kelompok eksperimen diterapkan adalah efektif, dari hasil kuesioner permainan bolavoli mini dapat diambil kesimpulan bahwa respon siswa dari proses pembelajaran positif sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan di bab 3, bahwa Respon siswa dikatakan positif, jika persentase minimal 80%. Dari segi produk pembelajaran permainan bolavoli mini pada kelompok eksperimen mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Telihat dari sebelum diberi perlakuan atau pre test, rata-rata keterampilan gerak dasar siswa sebesar 44.14 dan setelah diberi perlakuan meningkat menjadi 63.14 Kata kunci : pembelajaran permainan bolavoli mini, keterampilan gerak dasar.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
    Depositing User: Ihwan Ali
    Date Deposited: 05 Jan 2016 15:56
    Last Modified: 05 Jan 2016 15:56
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/22658

    Actions (login required)

    View Item