PERAN MEDIASI KEPUASAN KOMUNIKASI DAN ANTESEDEN KINERJA KARYAWAN (Studi pada Ganesha Operation Surakarta dan Karanganyar)

PURBA, PURNAMA YANTI (2013) PERAN MEDIASI KEPUASAN KOMUNIKASI DAN ANTESEDEN KINERJA KARYAWAN (Studi pada Ganesha Operation Surakarta dan Karanganyar). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (693Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh praktik komunikasi terhadap kepuasan kerja dan komitmen organisasi yang dimediasi oleh kepuasan komunikasi dan juga mengetahui pengaruh kepuasan kerja dan komitmen organisasi terhadap kinerja karyawan pada perusahaan yang bergerak di bidang jasa pendidikan, Ganesha Operation Surakarta dan Karanganyar. Adanya penelitian terdahulu yang menemukan bahwa adanya pengaruh mediasi penuh kepuasan komunikasi antara praktik komunikasi dengan kepuasan kerja dan komitmen organisasi dan juga saran pada penelitian di bidang jasa selain bidang kesehatan memotivasi peneliti untuk melakukan penelitian ini. Sampel yang diambil berjumlah 100 karyawan Ganesha Operation di Surakarta dan Karanganyar. Teknik pengambilan sampel dengan metode proportional random sampling. Metode statistik yang digunakan untuk menguji validitas, reliabilitas, dan hipotesis penelitian adalah dengan analisis regresi Baron dan Kenny (1986) dan regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa praktik komunikasi berpengaruh positif pada kepuasan komunikasi, kepuasan kerja dan komitmen organisasi. Kepuasan komunikasi memediasi penuh pengaruh praktik komunikasi terhadap kepuasan kerja dan komitmen organisasi. Selain itu kepuasan kerja dan komitmen organisasi berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan. Kata Kunci: Praktik komunikasi, kepuasan komunikasi, kepuasan kerja, komitmen organisasi, kinerja.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Magister Manajemen
    Depositing User: Ihwan Ali
    Date Deposited: 05 Jan 2016 14:40
    Last Modified: 05 Jan 2016 14:40
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/22655

    Actions (login required)

    View Item