DETERMINASI KEPUTUSAN WRITE–OFF ASET TETAP BERDASARKAN PSAK ADOPSI IFRS PADA INDUSTRI MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2012-2013

W, SAKTITA SANDY (2016) DETERMINASI KEPUTUSAN WRITE–OFF ASET TETAP BERDASARKAN PSAK ADOPSI IFRS PADA INDUSTRI MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2012-2013. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (784Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan write-off aset tetap berdasarkan adopsi IFRS pada industri manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2012-2013. Write-off telah banyak dibahas karena berhubungan dengan manajemen laba. Write-off dipandang sebagai pengetahuan umum bahwa melakukan penurunan/ impairment tidak menggambarkan nilai aset, tetapi digunakan sebagai alat untuk memanipulasi laporan keuangan. Sampel dalam penelitian ini dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling. Berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan diperoleh jumlah sampel sebanyak 168 perusahaan (from years). Alat analisis yang digunakan adalah analisis ordinal regresi probit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Probabilitas write-off lebih tinggi pada perusahaan dengan kinerja buruk. Apabila aset mengalami penurunan dan jumlah tercatat melebihi jumlah terpulihkan, manajemen mempunyai insentif untuk mengakui write-off. (2) Perusahaan dengan income smoothing memiliki lebih tinggi kemungkinan write-off. Manajemen menggunakan keputusan write- off sebagai alat perataan untuk mengurangi perbedaan antara laba yang dilaporkan dengan laba yang diharapkan. (3) Perusahaan dengan penggantian manajemen lebih tinggi memiliki probabilitas write-off yang lebih rendah. Manajer perusahaan merespon kegagalan teknis peningkatan laba, sehingga probabilitas write-off menurun (4) Pada periode terjadi leverage memiliki probabilitas write- off lebih tinggi. Manajemen menggunakan write-off untuk mengantisipasi kerugian di masa depan tanpa kehilangan reputasi, sehingga dapat meningkatkan pendapatan di tahun-tahun berikutnya. (5) Perusahaan yang memberikan manajer bonus berdasar laba yang dipengaruhi write-off, memiliki probabilitas write-off yang lebih rendah. Rencana bonus yang tidak secara jelas meniadakan write-off dapat mengurangi kemungkinan write-off.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Akuntansi - S2
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 05 Jan 2016 13:41
    Last Modified: 05 Jan 2016 13:41
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/22649

    Actions (login required)

    View Item