KOMUNIKASI ORGANISASI PADA ORGANISASI MAHASISWA INTERNASIONAL (Studi Deskriptif Kualitatif Komunikasi Organisasi pada AIESEC Local Committee Universitas Sebelas Maret)

M, RIZKY AMALIA (2016) KOMUNIKASI ORGANISASI PADA ORGANISASI MAHASISWA INTERNASIONAL (Studi Deskriptif Kualitatif Komunikasi Organisasi pada AIESEC Local Committee Universitas Sebelas Maret). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (640Kb) | Preview

    Abstract

    Seiring dengan berjalannya waktu, organisasi mahasiswa dan UKM tidak lagi hanya berada pada skala fakultas, universitas, maupun nasional. Beberapa organisasi mahasiswa bahkan berskala internasional. Salah satu organisasi internasional yang digerakkan oleh mahasiswa adalah AIESEC. Di UNS, AIESEC mulai dirintis pada tahun 2011.Untuk mendapatkan status sebagai LC dan mempertahankannya, AIESEC LC UNS harus memenuhi sejumlah syarat yang ditetapkan oleh AIESEC MC Indonesia. Oleh karena itu, AIESEC LC UNS membutuhkan member yang berkompeten, serta pengelolaan sumber daya manusia yang baik agar member mau bertahan paling tidak satu term pada organisasi ini. Dalam mengelola member, AIESEC LC UNS melakukan upaya-upaya agar terjadi komunikasi organisasi yang baik. Terlebih, komunikasi organisasi merupakan sebuah proses yang bergantung dengan hubungan antarmanusia di dalam organisasi beserta lingkungan organisasinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses komunikasi organisasi yang terjadi di AIESEC LC UNS sebagai sebuah organisasi mahasiswa internasional. Metode penelitian deskriptif kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi pustaka. Informan dalam penelitian ini adalah 10 member reterm AIESEC LC UNS. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi organisasi AIESEC LC UNS sebagian besar terjadi pada kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan LC. Komunikasi formal (komunikasi ke atas, komunikasi ke bawah, komunikasi horizontal, dan komunikasi lintas saluran) terjadi pada weekly meeting, project hearing, synergize meeting, dan LC quarterly meeting. Peran Executive Board (EB) sebagai frontline managers juga sangat penting dalam jalannya komunikasi formal AIESEC LC UNS serta menyelesaikan hambatan-hambatan komunikasi yang ditemui. Komunikasi informal banyak terjadi pada team building, team days, team bonding, conference, welcoming and farewell party, dan kegiatan-kegiatan lain pada umumnya. Komunikasi informal justru dirasa membawa sejumlah manfaat bagi member, baik EB, manajer, maupun staff. Dalam mengelola komunikasi organisasinya, AIESEC LC UNS memaksimalkan penggunaan media sosial dan internet. Kata kunci: komunikasi organisasi, komunikasi organisasi internasional, AIESEC, AIESEC LC UNS.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 05 Jan 2016 13:28
    Last Modified: 05 Jan 2016 13:28
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/22648

    Actions (login required)

    View Item