Analisis Morfologi Permukaan dan Penentuan Mobilitas Pembawa Muatan Lapisan Klorofil Spirulina sp Hasil Deposisi Spin Coating

VEGA, LIDYA NUR DE (2016) Analisis Morfologi Permukaan dan Penentuan Mobilitas Pembawa Muatan Lapisan Klorofil Spirulina sp Hasil Deposisi Spin Coating. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (711Kb) | Preview

    Abstract

    Karakteristik morfologi permukaan lapisan klorofil hasil AFM (Atomic Force Microscopy) telah dianalisis. Analisis morfologi dilakukan menggunakan program WSxM 5.0 Develop 7.0 meliputi analisis 2D (2 dimensi), analisis 3D (3 dimensi), histogram ukuran partikel dan profile permukaan dari lapisan tipis. Lapisan klorofil ditumbuhkan dengan metode spin coating pada substrat glass coated ITO. Pada proses penumbuhan dilakukan variasi jumlah perulangan lapisan (N). Hasil pengamatan morfologi dengan AFM (Atomic Force Microscopy) menjelaskan bahwa lapisan tipis dengan N = 5 memiliki permukaan yang lebih rata dibandingkan dengan N = 3 akibat adanya proses inter molekular interaksi. Ukuran molekul penyusun lapisan klorofil membentuk distribusi Gaussian. Pada hasil pengamatan dari kurva profil permukaan diperoleh ketebalan lapisan berturut-turut sebesar 281,7 dan 372,6 nm untuk N = 3 dan N = 5. Karakteristik selanjutnya adalah karakteristik kurva I – V dari lapisan tipis. Kurva ini merupakan kurva hubungan arus dan tegangan dari lapisan tipis pada suhu ruang. Hasil dari kurva I – V ini adalah berupa perolehan gradien yang kemudian digunakan untuk mengukur mobilitas pembawa muatan lapisan tipis. Variasi jumlah pelapisan dan jumlah kecepatan putar yang dilakukan telah memberikan pengaruh terhadap mobilitas yang dihasilkan. Peningkatan jumlah lapisan menunjukkan adanya peningkatan mobilitas (μ) pembawa muatan dan peningkatan jumlah kecepatan putar menunjukkan penurunan mobilitas dari pembawa muatan. Kata Kunci: Lapisan Klorofil, Spin Coating, Morfologi Permukaan, AFM, Mobilitas.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QC Physics
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
    Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 05 Jan 2016 11:05
    Last Modified: 05 Jan 2016 11:05
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/22645

    Actions (login required)

    View Item