Kinerja Keterlibatan Masyarakat dalam Sarana Prasarana Pariwisata Menurut Community Based Tourism pada Desa Wisata Berjo Ngargoyoso

SUGESTI, ARVIA ARI (2016) Kinerja Keterlibatan Masyarakat dalam Sarana Prasarana Pariwisata Menurut Community Based Tourism pada Desa Wisata Berjo Ngargoyoso. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (7Kb) | Preview

    Abstract

    Pariwisata merupakan salah satu ilmu khusus yang penting untuk dipelajari karena berpengaruh dalam baik buruknya perkembangan suatu wilayah. Pada saat ini pegembangan pariwisata banyak yang difokuskan pada pariwisata pedesaan, dimana banyak isu terkait tentang community based tourism atau pariwisata berbasis masyarakat. Di dalam community based torism terdapat banyak aspek yang dijadikan tolok ukur, salah satunya terkait keterlibatan masyarakat dalam pariwisata tersebut. Keterlibatan masyarakat di Desa Wisata Berjo sendiri dapat dilihat dari sektor usaha jasa wisata, dimana usaha jasa wisata tersebut merupakan sarana prasarana pariwisata yang dijalankan oleh penduduk lokalnya. Di desa tersebut penduduk lokal turut serta menjadi pelaku usaha jasa wisata dan aktif dalam suatu komunitas wisata. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran yang jelas dan nilai dari kinerja mengenai keterlibatan masyarakat dalam sarana prasarana pariwisata berbasis masyarakat di Desa Wisata Berjo. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja keterlibatan masyarakat dalam sarana prasarana pariwisata berbasis masyaraat tersebut memiliki nilai yang sangat tinggi. Hal ini digambarkan dengan banyaknya pelaku usaha jasa sarana prasarana wisata yang merupakan penduduk lokal dan keaktifan mereka dalam suatu komunitas. Sehingga dari hal-hal tersebut dapat dibuktikan bahwa pariwisata di Desa Wisata Berjo telah sesuai dengan prinsip community based tourism.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > Perencanaan Wilayah dan Tata Kota
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 05 Jan 2016 10:03
    Last Modified: 05 Jan 2016 10:03
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/22640

    Actions (login required)

    View Item