IMPROVING STUDENTS’ VOCABULARY MASTERY THROUGH BOARD GAMES (A Classroom Action Research at the Fourth Grade of SDN Cengklik II Surakarta in 2009/2010 Academic Year)

LARASATI, (2011) IMPROVING STUDENTS’ VOCABULARY MASTERY THROUGH BOARD GAMES (A Classroom Action Research at the Fourth Grade of SDN Cengklik II Surakarta in 2009/2010 Academic Year). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1459Kb)

    Abstract

    Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui apakah permainan papan dapat meningkatkan penguasaan kosakata bahasa inggris para siswa kelas empat SD N Cengklik II, Surakarta. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengidentifikasi fenomena yang terjadi di dalam pembelajaran kosakata bahasa inggris yang menggunakan permainan papan. Disamping itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan penerapan permainan papan dalam proses pembelajaran. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus I sebanyak tiga pertemuan dan siklus II sebanyak dua pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahap: perencanaan, implementasi, evaluasi, dan refleksi. Pengumpulan data dlakukan dengan menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif. Metode kualitatif yang dipakai adalah teknik observasional dan non-observasional. Teknik observasional terdiri dari observasi langsung, catatan lapangan, dan foto, sedangkan teknik non-observasional meliputi wawancara dan analisa dokumen. Hasil observasi disajikan dalam bentukcatatan lapangan, wawancara, dan foto. Data kualitatif selanjutnya dianalisis menggunakan metode perbandingan tetap. Sementara itu, metode kuantitatif yang dipakai adalah tes, yang terdiri dari pre-tes dan post-tes. Nilai rata-rata dianalisis secara kuantitatif untuk mengetahui peningkatan penguasaan kosakata bahasa inggris siswa setelah pelaksanaan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan papan dapat meningkatkan penguasaan kosakata bahasa inggris siswa. Peningkatan ini dapat dilihat dari sikap dan nilai siswa. Para siswa menjadi lebih aktif selama proses pembelajaran. Penigkatan nilai siswa tampak pada perbedaan antara nilai pre-tes dan post-tes. Rata-rata nilai pre-tes adalah 5,82, yang meningkat menjadi 6,72 pada post-tes 1 dan 7,50 pada post-tes 2. Penggunaan permainan papan ini juga memiliki kelemahan. Karena permainan dilakukan secara berkelompok kadang- kadang sulit untuk menentukan nilai perseorangan siswa. Namun demikian, melalui permainan ini, siswa dapat lebih memahami arti kata-kata. Kesulitan siswa dalam pelafalan dan ejaan juga berkurang. Hasil penelitian ini mengimplikasikan bahwa salah satu teknik yang tepat untuk mengajar kosakata bahasa inggris adalah permainan papan. Melalui jenis permainan ini, guru dapat menyampaikan materi dengan cara yang mudah dan menarik sehingga siswa menjadi lebih aktif dalam proses pembelajaran.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    P Language and Literature > PE English
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
    Depositing User: Aji Kurniawan
    Date Deposited: 12 Jul 2013 00:28
    Last Modified: 12 Jul 2013 00:28
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/2264

    Actions (login required)

    View Item