PENGGUNAAN STRATEGI THE POWER OF TWO (TPOT) DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS V SDN 2 WIROGATEN TAHUN AJARAN 2014/2015

Sagita, Ovanda Desi Nur (2015) PENGGUNAAN STRATEGI THE POWER OF TWO (TPOT) DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS V SDN 2 WIROGATEN TAHUN AJARAN 2014/2015. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1203Kb) | Preview

    Abstract

    Ovanda Desi Nur Sagita. PENGGUNAAN STRATEGI THE POWER OF TWO DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS V SDN 2 WIROGATEN TAHUN AJARAN 2014/2015. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Mei 2015. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan langkahlangkah penggunaan strategi The Power of Two dalam peningkatan pembelajaran IPS pada siswa kelas V SD; (2) meningkatkan pembelajaran IPS dengan strategi The Power of Two pada siswa kelas V SD; dan (3) mendeskripsikan kendala dan solusi strategi The Power of Two dalam peningkatan pembelajaran IPS pada siswa kelas V SD. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 2 Wirogaten yang berjumlah 30 siswa. Sumber data pada penelitian ini yaitu guru, siswa, teman sejawat dan dokumen. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data pada penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data pada penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) langkah-langkah penggunaan strategi The Power of Two yaitu (a) guru mengajukan satu atau beberapa pertanyaan kepada siswa; (b) siswa menjawab pertanyaan tersebut secara individual; (c) siswa diarahkan untuk berpasangan dan berbagi jawaban dengan pasangannya; (d) guru memerintahkan tiap pasangan membuat jawaban baru dan memperbaiki jawaban individual; dan (e) guru bersama seluruh siswa mendiskusikan jawaban dengan membandingkan jawaban masing-masing pasangan; (2) penggunaan strategi The Power of Two dapat meningkatkan pembelajaran IPS tentang perjuangan mempersiapkan kemerdekaan, proklamasi kemerdekaan, dan perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia pada siswa kelas V SD dengan presentase ketuntasan pada siklus I mencapai 70,00%, siklus II 83,33%, siklus III 100,00%; dan (3) kendala dan solusi dalam penggunaan strategi The Power of Two adalah (a) kurangnya motivasi siswa untuk mengerjakan secara individu; dan (b) guru kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk berpartisipasi dalam penarikan kesimpulan secara klasikal. Solusinya adalah: (a) guru hendaknya meningkatkan motivasi siswa untuk selalu percaya diri dalam menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru; dan (b) guru sebaiknya meningkatkan partisipasi siswa dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk berpartisipasi dan membimbing siswa dalam penarikan kesimpulan secara klasikal. Simpulan penelitian ini adalah penggunaan strategi The Power of Two yang dilaksanakan dengan langkah yang tepat dapat meningkatkan pembelajaran IPS pada siswa kelas V SDN 2 Wirogaten tahun ajaran 2014/2015. Kata kunci: The Power of Two, pembelajaran IPS

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Inang S H
    Date Deposited: 04 Jan 2016 16:57
    Last Modified: 04 Jan 2016 16:57
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/22629

    Actions (login required)

    View Item