PENGARUH FOREIGN DIRECT INVESTMENT (FDI) DAN TRADE OPENNESS (TO) TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI NEGARA ANGGOTA ORGANISASI KERJASAMA ISLAM (OKI) TAHUN 2000-2013

Prastity, Nory (2015) PENGARUH FOREIGN DIRECT INVESTMENT (FDI) DAN TRADE OPENNESS (TO) TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI NEGARA ANGGOTA ORGANISASI KERJASAMA ISLAM (OKI) TAHUN 2000-2013. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (516Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Foreign Direct Investment (FDI) dan Trade Openness terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Negara Anggota OKI tahun 2000-2013. Penelitian ini menggunakan analisis data panel dengan metode Fixed Effect Model (FEM). Metode ini dipilih karena merupakan model terbaik berdasarkan beberapa hasil uji dalam data panel. Penelitian ini menggunakan data time series sebanyak 14 tahun dan cross section sebanyak 22 negara. Sumber data penelitian diperoleh dari World Bank. Hasil analisis dari penelitian ini menunjukkan bahwa: a) Foreign Direct Investment (FDI) berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di 22 Negara Anggota OKI, dan b) Trade Openness (TO) berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di 22 Negara Anggota OKI. Hal ini menunjukkan bahwa Foreign Direct Investment (FDI) dan Trade Openness (TO) berperan penting terhadap pertumbuhan ekonomi Negara Anggota OKI. Uji koefisien determinasi R 2 sebesar 0,221382 berarti 22,1382% dari variasi variabel dependen dapat dijelaskan oleh variasi variabel independen. Rekomendasi penelitian ini, yaitu: 1) Pemerintah seharusnya mengembangkan sektor-sektor yang potensial untuk meningkatkan FDI dan menarik minat para investor asing untuk melakukan investasi di negaranya, 2) Tingkat Trade Openness sebaiknya dimanfaatkan oleh Negara Anggota OKI untuk melakukan perdagangan antar negara tersebut. Namun demikian, perdagangan yang dilakukan oleh Negara Anggota OKI sebaiknya diarahkan pada Net Exporter Countries di pasar dunia, 3) Penelitian selanjutnya diharapkan dapat menjelaskan skala yang ada pada Trade Openness. Kata-kata Kunci : Foreign Direct Investment, Trade Openness, Pertumbuhan Ekonomi, Negara Anggota OKI.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
    Divisions: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan
    Depositing User: Inang S H
    Date Deposited: 04 Jan 2016 16:30
    Last Modified: 04 Jan 2016 16:30
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/22626

    Actions (login required)

    View Item