IMPLEMENTASI MODEL CTL DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII E SMP NEGERI I KECAMATAN KEDAWUNG KABUPATEN SRAGEN

Ariningtyas, Titik (2015) IMPLEMENTASI MODEL CTL DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII E SMP NEGERI I KECAMATAN KEDAWUNG KABUPATEN SRAGEN. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (126Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Titik Ariningtyas, NIM S86140247, 2015. “Implementasi Model Contextual Teaching and Learning (CTL) Dengan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas VIII E SMP Negeri 1 Kecamatan Kedawung Kabupaten Sragen.” Tesis. Surakarta, Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan : (1) penerapan model pembelajaran CTL dengan media audio visual untuk meningkatkan motuvasi belajar IPS siswa kelas VIII E SMP Negeri 1 Kecamatan Kedawung Kabupaten Sragen; (2) penerapan model pembelajaran CTL dengan media audio visual untuk meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas VIII E SMP Negeri 1 Kecamatan Kedawung Kabupaten Sragen Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan sarana untuk meneliti, menyempurnakan dan mengevaluasi pembelajaran, dilakukan dengan 4 tahap, yaitu perencanaan, implementasi, observasi dan refleksi. Keempat tahap tersebut membentuk siklus, dilakukan secara kolaboratif, Subyek penelitian adalah siswa kelas VIIIE SMP Negeri 1 Kecamatan Kedawung. Data berasal dari siswa dan guru, yaitu motivasi belajar siswa dan prestasi belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan, wawancara, analisis dokumen dan tes. Penelitian ini menggunakan analisis deskripsi temuan data dan membandingkan dengan indikator kinerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) penerapan model pembelajaran CTL dengan media audio visual dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII E SMP Negeri 1 Kedawung; (2) penerapan model pembelajaran CTL dengan media audio visual dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII E SMP Negeri 1 Kedawung. Peningkatan motivasi belajar siswa dapat diketahui dari hasil angket motivasi siswa setelah pelaksanakan tindakan, pada siklus I mencapai 75,87%, siklus II mencapai 82,78% dan siklus III meningkat menjadi 83,80% ). Sementara prestasi belajar siswa pada kondisi awal menunjukkan bahwa nilai rata-rata sebesar 73,12 dengan ketuntasan klasikal 71,87%, setelah dilakukan tindakan pada siklus I mengalami peningkatan nilai rata-rata menjadi 73,12 dengan ketuntasan klasikal sebesar 71,87%, siklus II meningkat dengan nilai rata-rata 75,03 dengan ketuntasan klasikal 75%, dan pada siklus III mengalami peningkatan yang signifikan dengan nilai rata-rata mencapai 80,12 dengan ketuntasan klasikal 84,38%. Kata Kunci : Contextual Teaching and Learning (CTL), media audio visual, Pembelajaran IPS, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sejarah - S2
    Depositing User: Inang S H
    Date Deposited: 31 Dec 2015 10:07
    Last Modified: 31 Dec 2015 10:07
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/22612

    Actions (login required)

    View Item