APLIKASI METODE AHP UNTUK PENENTUAN PRIORITAS PEMELIHARAAN BANGUNAN PUSKESMAS PEMBANTU (PUSTU) BERBASIS GIS DI KABUPATEN SUKOHARJO

A, MUCHACHA MUFTI (2015) APLIKASI METODE AHP UNTUK PENENTUAN PRIORITAS PEMELIHARAAN BANGUNAN PUSKESMAS PEMBANTU (PUSTU) BERBASIS GIS DI KABUPATEN SUKOHARJO. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (154Kb) | Preview

    Abstract

    Muchacha Mufti A, 2015. Aplikasi Metode AHP Untuk Penentuan Prioritas Pemeliharaan Bangunan Puskesmas Pembantu (PUSTU) Berbasis GIS Di Kabupaten Sukoharjo. Skripsi Program Studi Teknik Sipil Universitas Sebelas Maret Surakarta. Pemeliharaan Bangunan sangat diperlukan untuk menjaga kinerja bangunan selama umur layannya. Puskesmas Pembantu (Pustu) merupakan salah satu prasarana milik Negara yang harus dijaga pemeliharaannya karena merupakan prasarana yang terdekat dalam membantu masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Agar bangunan pustu selalu dalam keadaan terawat dan memberikan kinerja secara optimal maka diperlukan pemeliharaan dan perawatan. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan skala prioritas kriteria dalam menentukan pemeliharaan bangunan berdasarkan tingkat kerusakan dari komponen bangunan pustu. Program Aplikasi ini menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) yang telah dikembangkan oleh Saaty. Obyek dari penelitian dilakukan terhadap seluruh bangunan gedung pustu kabupaten Sukoharjo yang berjumlah 45 pustu. Data primer yang digunakan untuk penelitian meliputi survei langsung ke lapangan berupa pengisian form penilaian kondisi bangunan untuk mendapatkan nilai persentase kerusakan komponen bangunan, sedangkan penilaian pembobotan di setiap komponen bangunan didapat dengan cara memberikan kuisioner yang melibatkan Dinas Cipta Karya Kabupaten Sukoharjo, Dinas Tata Ruang Kabupaten Sukoharjo, DPPKA Kabupaten Sukoharjo, akademisi, konsultan, dan kontraktor. Sedangkan untuk data sekunder diperoleh dari sumber yang telah ada (dari data penelitian terdahulu) serta sumber data yang diperoleh dari peraturan Pemerintah Republik Indonesia.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > Teknik Sipil
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 24 Dec 2015 17:41
    Last Modified: 24 Dec 2015 17:41
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/22562

    Actions (login required)

    View Item