PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SD NEGERI 1 GETASPEJATEN KECAMATAN JATI KABUPATEN KUDUS

, DAHANA (2015) PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SD NEGERI 1 GETASPEJATEN KECAMATAN JATI KABUPATEN KUDUS. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (145Kb) | Preview

    Abstract

    Abstrak Dahana. S811402035. Penerapan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Matematika di SD Negeri 1 Getaspejaten Kecamatan Jati Kabupaten Kudus. Pembimbing I Mulyoto Pembimbing II Deny Tri Ardianto. Tesis Program Pasca Sarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Penerapan pendekatan saintifik untuk meningkatkan minat siswa kelas V pada mata pelajaran matematika di SD Negeri 1 Getaspejaten Kecamatan Jati Kabupaten Kudus; (2) Penerapan pendekatan saintifik untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran matematika di SD Negeri 1 Getaspejaten Kecamatan Jati Kabupaten Kudus. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas karena penelitian ini bertujuan menganalisis atau memecahkan suatu masalah nyata dalam bidang pendidikan. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Minat belajar siswa dalam belajar menunjukkan adanya kenaikan. Pendekatan saintifik melatih siswa untuk kerja kelompok, memiliki kesadaran serta keinginan untuk belajar dan tertarik dalam mempelajari materi pelajaran. Minat belajar siswa mengalami peningkatan mulai dari 36.81% pada data awal, menjadi 66.81% pada siklus I, dan menjadi 90.56% pada siklus II dan pada siklus III menjadi 92.78%. (2) Pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terlihat dari peningkatan rata-rata dan ketuntasan belajar sebelum dan sesudah diberikan tindakan. Sebelum diberikan tindakan nilai rata-rata 69.97 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 36.11%. setelah diberikan tindakan mengalami peningkatan nilai-rata-rata menjadi 76.72 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 63.89% pada siklus I. Pada siklus II mengalami peningkatan nilai rata-rata menjadi 82.33 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 86.11%. Dan pada siklus III mengalami peningkatan nilai rata-rata menjadi 83.58 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 100%. Kata Kunci: Pendekatan Saintifik, Mata Pelajaran Matematika.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Teknologi Pendidikan
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 24 Dec 2015 16:05
    Last Modified: 24 Dec 2015 16:05
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/22546

    Actions (login required)

    View Item