POLA KOMUNIKASI DALAM MEDIA (Studi Deskriptif Kualitatif Peran Komunikator sebagai Pembuat Pesan dan Komunikan sebagai Penerima Pesan dalam Akun Twitter @GNFI (Good News From Indonesia) terkait Pemberitaan Positif tentang Indonesia)

WIBAWATI, YULIA NOOR (2015) POLA KOMUNIKASI DALAM MEDIA (Studi Deskriptif Kualitatif Peran Komunikator sebagai Pembuat Pesan dan Komunikan sebagai Penerima Pesan dalam Akun Twitter @GNFI (Good News From Indonesia) terkait Pemberitaan Positif tentang Indonesia). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (362Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Yulia Noor Wibawati, D0210128, Pola Komunikasi dalam Media (StudiDeskriptif Kualitatif Peran Komunikator sebagai Pembuat Pesan dan Komunikan sebagai Penerima Pesan dalam Akun Twitter @GNFI (Good News From Indonesia) terkait Pemberitaan Positif tentang Indonesia) New media memberikan ruang lebih bagi penggunanya. Melalui new media sebuah komunikasi dapat diciptakan, baik antara individu dengan individu maupun komunitas yang satu dengan yang lainnya. Dari hasil komunikasi ini terbentuklah satu hubungan yang disebut social networking. Twitter adalah salah satu bentuk new media yang memungkinkan penggunanya untuk menyusun, mengirim, menerima dan memberikan umpan balik dalam bentuk pesan singkat. Sebagai komunikator, akun @GNFI (Good News From Indonesia) adalah salah satu akun yang menggunakan twitter sebagai media berkomunikasi dengan khalayak yang menyampaikan berita positif tentang Indonesia. Akun ini menarik karena menggunakan twitter sebagai media informasi terkait berita positif tentang Indonesia ditengah banyaknya akun lain yang hanya menggunakan twitter sebagai sarana ekspresi diri. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode analisis isi dan deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan data digunakan adalahanalisis teks dan wawancara. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Validitas data dalam penelitian ini menggunakan teknik trianggulasi data, dan tahap analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan penelitian ini adalah (1) Dalam level teks, isi pesan dalam akun twitter @GNFI (Good News From Indonesia) yang berisi pemberitaan positif tentang Indonesia dibagi menjadi 4 Kategori, yaitu: Ekonomi dan bisnis; Seni dan Budaya; Ilmu dan Tekonologi; dan Pariwisata. (2) Komunikator dalam akun twitter @GNFI menyusun pesan kepada followernya bersumber dari logika desain pesan oleh Barbara o’kefe, penulisan pesan dibagi menjadi 3, yaitu logika desain ekspresif, konvensional, dan retoris. (3) Komunikan dalam akun twitter @GNFI menerima pesan dari komunikator ada 3 proses dalam penerimaan pesan, yaitu: komunikan yang menerima pesan. Komunikan percaya langsung terhadap pesan yang diterima, komunikan bernegoisasi terhadap pesan yang diterima, dan komunikan menolak isi pesan tersebut. Kata Kunci: New Media, Twitter, Pesan, Produksi Pesan, Penerimaan Pesan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 24 Dec 2015 15:54
    Last Modified: 24 Dec 2015 15:54
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/22545

    Actions (login required)

    View Item